in

Dosen Basindoda UNP Latih Guru Menulis Artikel Ilmiah

PELATIHAN: Tim dosen Basindoda FBS UNP menggelar pengabdian masyarakat di SMPN 16 Padang beberapa waktu lalu.(IST)

Tim dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (Basindoda) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar pengabdian masyarakat di SMPN 16 Padang.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi dengan tema in house training penelusuran informasi berbasis literasi digital dalam penulisan artikel ilmiah guru.

Kegiatan PKM ini dibuka oleh tim dosen Basindoda UNP Amril Amir. Dia menyampaikan tim kegiatan pengabdian ini terdiri dari Prof Atmazaki, Amril Amir, Afnita, Ardoni, Ridha Hasnul Ulya, Farel Olva Zuve dan Mitha Domi Fella Henanggil serta mahasiswa jurusan.

Pada kesempatan itu ada dua pemberian materi yang dijelaskan oleh tim pengabdian kepada masyarakat. Materi pertama disampaikan oleh Ridha Hasnul Ulya, mengenai penulisan artikel.

Selama pemberian materi dijelaskan, langkah-langkah penulisan artikel yang diajarkan kepada guru dengan cara mengubah laporan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dibuat guru menjadi artikel ilmiah. Nantinya yang bisa dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi.

Hal ini menurut Ridha Hasnul Ulya, bertujuan agar memudahkan guru untuk menghasilkan artikel ilmiah. Karena PTK menjadi kewajiban bagi guru tiap tahunnya. Jadi, dengan adanya laporan PTK ini juga memudahkan guru untuk menghasilkan artikel setiap tahunnya.

Pemateri lainnya Ardoni menjelaskan mengenai cara pencarian sumber referensi yang valid dan sesuai dengan artikel ilmiah yang ditulis oleh guru. Ardoni menjelaskan bahwa untuk mencari sumber referensi yang valid dan sesuai, maka dimulai dari penggunaan kata kunci yang tepat. Sesuai dengan yang dicari oleh penulis.

Selain itu, sumber referensi yang tepat bisa melalui artikel dalam jurnal ilmiah atau sumber referensi dari suatu badan instansi/lembaga pemerintahan. Sehingga hal ini juga memperkecil ruang pencarian guru dalam mencari sumber referensi untuk penulisan artikel guru.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SMPN 16 Padang Yulizar didampingi Waka SMP Negeri 16 Padang. Dia menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh sekolah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat artikel. Sehingga akan menghasilkan artikel ilmiah yang bisa membantu guru untuk meningkatkan jenjang karirnya.

Pelatihan artikel ini akan lebih membuka pemahaman guru untuk menghasilkan artikel yang baik dan sesuai. Peserta dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari guru bidang studi Bahasa Indonesia yang mengajar di sekolah tersebut, serta beberapa orang guru bidang studi dari mata pelajaran lainnya. (cr7)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Perbaiki Kualitas Pendidikan Pasbar

Sumbar Kunci Peringkat 5 Besar, Pomnas XVII Ditutup Menpora