in

DPRD Usulkan 3 Calon Pj Wako

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi.(IST)

DPRD Payakumbuh memastikan sudah mengusulkan tiga nama sebagai calon Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako). Ketiga nama itu diusulkan sesuai regulasi dari Kemendagri, karena masa jabatan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota saat ini, Riza Falepi-Erwin Yunaz, akan berakhir 23 September mendatang.

“Sudah. DPRD sudah mengusulkan tiga nama sebagai Calon Pj Wako Payakumbuh. Ketiga nama itu sudah dikirim ke Kemendagri,” kata Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus kepada Padang Ekspres, Minggu (21/8).

Hamdi menyebutkan, ketiga nama calon Pj Wako yang diusulkan DPRD itu adalah Rida Ananda (Sekko Payakumbuh), Dafrul Pasi (Asisten I Setdako), dan Yon Refli (Sekretaris DPRD). “Ketiganya diusulkan berdasarkan hasil rapat paripurna DPRD,” kata Hamdi.

DPRD Payakumbuh menurut Hamdi sangat berharap, Pj Wako Payakumbuh yang ditetapkan Kemendagri nantinya, benar-benar sosok yang tahu dan paham dengan Payakumbuh. “Walaupun yang akan menetapkan Pj Wako itu adalah Kemendagri. Kita berharap, Pj Wako yang ditetapkan itu tahu dengan Payakumbuh,” kata Hamdi.

Menurut Hamdi, sejauh ini stabilitas politik di Payakumbuh berjalan dinamis dan kondusif. Nyaris tidak ada reaksi politik yang membuat gaduh. DPRD berharap dalam penetapan Pj Wako Payakumbuh nantinya, stabilitas ini tetap terjaga. DPRD Payakumbuh tidak ingin terjadi fenomena seperti di daerah lain, dimana Pj kepala daerah yang ditetapkan ditolak DPRD.

“Karena kita di DPRD diminta oleh Kemendagri mengusulkan nama calon. Maka sudah kita usulkan tiga nama sebagai calon Pj Wako. Kita yakin, ketiganya sosok yang tahu dengan Payakumbuh,” kata Hamdi.

Hal serupa disampaikan anggota Komisi A DPRD Payakumbuh dari PDI-Perjuangan Yanuar Ghazali. Menurut An Udo, demikian Yanuar Ghazali akrab disapa, dalam menetapkan siapa yang akan menjadi Pj Wako Payakumbuh nantinya, Kemendagri diharapkan tidak seperti pepatah mahangok kalua badan (bernapas keluar badan).

“Artinya, Pj Wako Payakumbuh itu diharapkan betul-betul sosok yang tahu dan mengerti dengan Payakumbuh, serta beraktivitas di Payakumbuh sendiri. Sehingga lebih memudahkan komunikasi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan,” kata Yanuar Ghazali.

Ketua DPC PDI-Perjuangan ini juga berharap, sosok Pj Wako Payakumbuh mendatang, betul-betul sosok yang dapat dipegang komitmennya. Terutama sekali dalam upaya mempercepat program pro-kerakayatan di daerah.

Yanuar Ghazali menyebut, tiga calon yang sudah diusulkan DPRD Payakumbuh, cukup kapabel untuk menjadi Pj Wako. Sosok Sekko Rida Ananda juga layak dipertimbangkan karena berpengalaman di Payakumbuh, berkompeten dan dapat dipegang komitmenya untuk kemajuan daerah.

Sementara itu, ketiga Calon Pj Wako Payakumbuh yang diusulkan DPRD, menyampaikan terimakasih atas kepercayaan wakil rakyat kepada mereka. Sekaligus menghormati keputusan Kemendagri nantinya.

“Kami sampaikan terimakasih kepada DPRD Payakumbuh yang sudah mengusulkan kami sebagai Calon Pj Wako. Siapapun Pj Wako yang ditetapkan Kemendagri nantinya, tentu kita hormati. Kita serahkan ini kepada Kemendagri,” kata Rida Ananda, secara terpisah. (frv)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gubernur Resmi Melantik Henggar Budi Anggoro Sebagai Pj Bupati Pati

Amankan Anak Punk, Satpol PP Temukan Miras