in

Dua Peserta Lolos ke Final, Sumbar Peringkat 10 STQH Nasional di Jambi

PADEK.JAWAPOS.COM-Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Al Hadis (STQH) Nasional XXVII di Jambi telah usai. Perhelatan Akbar yang diikuti kafilah dari 38 provinsi ini ditutup Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Senin malam (6/11).

Dalam kesempatan ini, hadir MenPAN RB Abdullah Azwar Anas, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Komaruddin Amin, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, para gubernur dan Kakanwil Kemenag se-Indonesia.

Mahyeldi mengatakan untuk STQH kali ini Sumbar berada di peringkat 10 besar, sama dengan perolehan pada STQH di Maluku Utara tahun 2021.

“Ini sudah usaha maksimal. Apa yang kita perbuat dan kita peroleh hari ini merupakan yang terbaik yang diberikan Allah SWT. Dan ini kita jadikan pembelajaran atau i’tibar untuk masa akan datang,” ungkap gubernur.

Gubernur didampingi Kepala Biro Kesra, Al Amin bertekad mempersiapkan kafilah Sumbar dengan baik. Bahkan, Pemprov sudah mengajukan anggaran untuk pembinaan Al Quran ini ke DPRD.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan kafilah Sumbar. Mudah-mudahan di masa akan datang Sumbar lebih baik lagi,” harap gubernur.

Untuk ke depan, lanjut gubernur, perlu melihat faktor-faktor keberhasilan yang dilakukan provinsi lain, terutama Jawa Timur yang tetap bertahan di peringkat pertama terbaik.

“Faktor-faktor keberhasilan itu akan menjadi masukan bagi Sumbar dalam pembinaan kafilah ke depannya,” pungkas gubernur.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Yufrizal mengatakan prestasi Sumbar tahun ini cukup meningkat dari STQH sebelumnya.

“Tahun ini dua orang peserta Sumbar berhasil lolos ke final. Sementara sebelumnya hanya satu orang. Ini sudah kemajuan yang luar biasa,” kata Yufrizal.

Dikatakan Yufrizal lima di antara peserta Sumbar raih lima medali. Di antaranya Juara 2 cabang Hifzhil 20 Juz Putri diraih Maryam ulyadi. Juara 3 Tilawah anak-anak putra oleh Latifatul Tirta,

Kemudian harapan 2 Hifzhil 5 Juz Putri diraih Fathiyyah Arafah Afsha. Harapan 3 Tilawah anak-anak Putri diraih Kaysah Fitri, dan Harapan 3, Tafsir Bahasa Arab Putri diraih Fithri Marfihiyya

Sementara untuk juara umum diraih Jawa Timur disusul DKI Jakarta, dan Sumatera Selatan. Peringkat 4 diraih 3 provinsi Kepulauan Riau, Jawa Barat dan Riau.

Di posisi kelima Kalimantan Selatan dan Nangroe Aceh Darussalam. Disusul Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah. Posisi 9, Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi, di posisi 10 Sumbar.

Usai penutupan STQH, kafilah Sumbar dipimpin Ketua Rombongan Kepala Biro Kesra dan Ketua LPTQ, M. Ridho Nur langsung bertolak menuju Kota Padang menggunakan jalur darat.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Anak Nagari Situjuahgadang ke Legislatif: Peluang Besar, Hanya Empat Caleg Anak Nagari

MTsN 1 Padang: Esensi Supervisi Akademik, Bantu Guru Kembangkan Proses Pembelajaran