in

Duta Baca Disambut Antusias

Pendaftaran Dimulai, Trofi Gubernur Menanti

Pameran buku terbesar bertajuk Minang Book Fair 2017 dimeriahkan berbagai kegiatan literasi. Selain menyajikan buku-buku berkualitas dengan harga murah, pengunjung pameran bisa menyaksikan audisi Duta Baca Sumbar 2017 yang digelar Padang TV di halaman Masjid Raya Sumbar, Padang.

Pemilihan Duta Baca yang pertama di Sumbar ini menjaring para intelektual muda berwawasan luas dan visioner. Kegiatan yang berlangsung pada 27 Februari itu disambut antusias kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Pendaftaran telah dibuka sejak 1 Februari lalu. Gratis alias tidak dipungut biaya pendaftaran. Jumlah peserta lomba tidak kita batasi, silakan daftar sebanyak-banyaknya sepanjang memenuhi persyaratan,” kata General Manager Padang TV, Rita Gusveniza kepada Padang Ekspres kemarin.

Pemilihan Duta Baca 2017 digelar pada hari keempat Minang Book Fair. Selain memperebutkan trofi gubernur, berbagai hadiah menarik telah disiapkan panitia. Di antaranya hadiah jutaan rupiah, satu paket buku, magang sebagai presenter Padang TV.

Pemilihan Duta Baca Sumbar 2017 diselenggarakan Padang TV bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakan Provinsi Sumbar dan Yayasan Gemar Membaca Indonesia (Yagemi). Peserta merupakan pelajar atau mahasiswa yang memiliki prestasi akademik, berwawasan luas dan aktif dalam kegiatan literasi.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar, Alwis mengatakan, siap menjadikan pemilihan Duta Baca Sumbar sebagai agenda tetap dinasnya. Dia menilai perlu afirmasi untuk mewujudkan budaya membaca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda.

“Kami berharap setiap SMA dan perguruan tinggi mengutus siswa dan mahasiswanya untuk mengikuti pemilihan Duta Baca Sumbar 2017,” kata Alwis.

Ketua Panitia Pelaksana Nashrian Bahzein mengapresiasi minat baca anak-anak muda Sumbar relatif baik di tengah menguatnya budaya instan di era gawai. Itu ditunjukkan respons positif para kepala sekolah dan rektor perguruan tinggi mendorong anak-anaknya mengikuti Pemilihan Duta Baca Sumbar 2017.

“Gerakan Indonesia Membaca butuh partisipasi semua pihak. Tugas pers lah untuk memediasi berbagai kekuatan yang terserak itu,” kata ketua Nashrian Bahzein yang juga Pemimpin Redaksi Padang TV.

Adapun persyaratan Duta Baca Sumbar 2017 adalah berusia 17-23 tahun. Mengirim makalah tentang aktivitas pribadi di dunia literasi minimal 4 halaman dan maksimal 6 halaman di kertas A4 dengan font 12 dan spasi 1,5.

Melampirkan minimal 15 judul buku pengetahuan umum koleksi pribadi. Pendaftaran dimulai tanggal 1-18 Februari di Graha Pena Padang Jalan Adinegoro 17 A-B, Lubukbuaya, Padang dan di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar di Jalan Diponegoro No 4 Padang. Kontak person 085263886616 dan 082171446350. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Prodi STKIP YDB Terakreditasi B

Palsukan Identitas Pemilik Asli, Dirjen Dukcapil: KTP El dari Kamboja Diambil dari Blanko Bekas