in

Eksotisme Kawasan Kaliurang Yogyakarta Yang Harus Kamu Kunjungi

Kawasan Kaliurang terlatak di Kabupaten Sleman Yogyakarta merupakan kawasan yang memiliki banyak tempat wisata. Kelebihan kawasan ini yaitu udara yang sejuk untuk kita hirup, juga akses yang tergolong mudah dan beraspal, sehingga ketika traveler berkunjung ke Yogyakarta maka kawasan ini berada di list pertama yang harus dikunjungi.

Kawasan Kaliurang, selain memiliki destinasi wisata alam pegunungan yang menyejukkan mata, juga memiliki destinasi lain yang unik, bakal rugi kalau dilewatkan. Berikut ini adalah list wisata yang wajib kamu kunjungi ketika bertandang ke kawasan Kaliurang Jogja.

1. Telogo Putri

Kawasan Kaliurang tak hanya menyajikan kawasan wisata gunung Merapi yang unik tapi juga wisata air yakni Telogo Putri yang terletak di lereng sebelah selatan gunung Merapi. Memiliki udara yang sejuk juga pemandangan hijau yang dapat membuat mata dan hati menjadi rileks. Telogo putri pada dasarnya adalah embung/tampungan air yang terdapat fasilitas berkano dan sepeda/bebek air serta dilengkapi dengan arena permainan anak-anak, sehingga layak dijadikan destinasi wisata keluarga.

Kelebihan lain tempat ini adalah traveler dapat melihat secara langsung kera-kera liar bergantungan namun ramah pada pengunjung serta dapat berjalan-jalan di sekitaran Telogo Putri yang terdapat banyak spot menarik untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria serta warung-warung tradisional yang menjajakan kuliner khas Kaliurang.

Bagi traveler yang memiliki hobi tracking dapat menyusuri tempat wisata yang tak jauh dari Telogo Putri adalah Telogo Muncar. Jika berencana mendatangi kawasan wisata ini baiknya pada saat hari minggu sebab akan disuguhi pertunjukkan seni tradisonal yang tidak dipungut biaya.

2. Merapi Lava Tour

Puas menambah pengetahuan di meseum Merapi, traveler dapat melihat langsung bekas aliran lahar panas pasca letusan gunung Merapi pada tahun 2010 menggunakan jasa Merapi Lava Tour, yang menarik dari destinasi ini adalah traveler bisa melakukan touring menggunakan Jeep.

Ditemani keaktifan Merapi mengepulkan asapnya, traveler juga diajak mengaktifkan adrenalin melalui manuver-manuver driver jeep ketika mengitari hamparan pasir luas dan bebatuan besar sisa-sisa lahar dingin, jeep juga melintas turunan sempit dan curam yang tak jarang berkecepatan tinggi. Sesudah  menelusuri bentangan pasir dan bebatuan, traveler kemudian diajak melintasi Kali Kuning, adrenalin akan semakin meningkat ketika tanpa mengurangi kecepatannya, driver langsung masuk ke Kali Kuning yang menyebabkan semua yang berada di jeep basah kuyup.

Kalau kamu ingin mencoba destinasi ini dianjurkan untuk mengenakan masker juga kacamata supaya terhindar dari debu dan pasir yang berterbangan. Serta gunakan pakaian yang nyaman dan dapat melindungi kamu dari lamanya terpaan sinar matahari. Tak hanya menjajal adrenalin, Merapi Lava Tour pun akan membawa kamu mengujungi objek wisata menarik seperti Bunker Kaliadem, Mini Museum Sisa Hartaku yang menggambarkan kedahsyatan erupsi gunung Merapi pada tahun 2010, tak ketinggalan rumah serta makan Mbah Marijan sang Juru Kunci Merapi.

3. Museum Merapi

Museum gunung Merapi berada di Jl. Kaliurang, Desa Hargobinangun. Memiliki posisi dilereng Merapi, menyebabkan traveler dapat melihat gagahnya gunung Merapi dari beranda museum yang seakan memberi ucapan selamat datang kepada para traveler.

Museum ini merupakan Information Centre bagi traveler yang ini mengetahui seluk-beluk gunung Merapi dan cara-cara menghadapi bencana erupsi dari sudut pandang keilmuan juga sosial budaya. Berbagai fasilitas disediakan dalam museum ini untuk melegakan dahaga keingintahuan para traveler. Mulai dari maket berukuran besar yang menggambarkan situasi saat erupsi berlangsung, dokumentasi perubahan gunung Merapi dari tahun ke tahun, panel ilustrasi & simulasi, juga alat-alat peraga terkait fenomena gunung Merapi yang selama ini terjadi. Tidak ketinggalan benda-benda muntahan gunung Merapi.

Panel industri berupa sketsa kartun juga terdapat di museum ini, yang membuat penjelasan tidak terlalu berat untuk dipahami bagi traveler yang mengajak anak-anak. Selain menyediakan berbagai informasi mengenai gunung Merapi museum ini juga menampilkan ilustrasi dan simulasi bencana gempa bumi dan tsunami beserta penjelasan sebab-akibat yang semakin menambah kelengkapan informasi terkait ilmu kebencanaan.

Museum yang terdiri dari dua tingkat ini ada mini teater yang berkapasitas dari 40 orang lebih. Mini teater ini bakal memutar film dokumenter perihal gunung Merapi dari dua sisi, sehingga bisa menjadi bahan renungan bagi traveler. Dengan segala fasilitas dan ilmu pengetahun yang terdapat didalam museum ini rugi rasanya ketika kamu tidak mengajak keluarga kamu untuk berkunjung.

4. Museum Ullen Sentalu

kawasan Kaliurang tidak melulu mengenai wisata alam terdapat pula Museum Ullen yang terkenal dengan keistimewannya, bahkan masuk sebagai museum terbaik di Indonesia versi situs/website Trip Advisor. Terletak di Jalan Boyong, kawasan wisata Kaliurang. Museum Ullen Sentalu menyuguhkan histori dan kebudayaan Jawa yang lekat, sampai-sampai sudah tampak dari arsitektur bagunan yang bergaya Jawa klasik.

Sebagai galeri seni, bagian dalam museum ini menampilkan lukisan, kumpulan foto, arsip, alat musik tradisional, serta cerita-cerita bangsawan pada Kesultanan Mataram, tidak tertinggal batik dengan beragam corak. Mungkin selama ini traveler banyak yang tidak mengerti makna dari berbagai motif batik yang mereka beli, di museum ini makna dari setiap corak tersebut akan dijelaskan secara jelas dan lugas, serta cara-cara pembuatannya. Ruangan dalam museum ini saling terhubung juga berliku-liku disertai penerangan yang temaran makin memperkuat keistimewaan museum ini.

5. Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang merupakan destinasi wisata sejarah yang dibangun pada masa penjajahan Jepang di Indonesia yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dan penyimpanan senjata dan amunisi. Terletak di komples wisata alam Nirmolo Kaliurang, Gua Jepang menuntut traveler melakukan perjalanan yang menanjak dan berliku, sehingga kondisi prima traveler diperlukan untuk menjangkau lokasi Goa ini. Apabila traveler berencana untuk mengunjungi goa ini sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman dan tak licin, juga membawa minuman untuk menghindari dehidrasi sepanjang perjalanan.

Goa jepang pada kawasan Kaliurang ini berjumlah 25 yang melingkari sisi-sisi bukit. Tertutupnya bagian luar goa oleh belukar dan keadaan dalamnya yang gelap dan pengap menimbulkan kesan goa yang alami dan unik. Bila traveler ingin mengetahui historia goa Jepang lebih lanjut juga kisah-kisah yang menyertainya terdapat jasa pemandu dan penyewaan fasilitas penerangan di depan pintu masuk pertama goa.

Usai berkeliling menikmati keindahan museum traveler dapat mampir ke restouran Beukenhof yang berarsitektur kolonial dan dikelilingi pepohonan rindang sembari menikmati makanan khas eropa.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kenali Keuntungan Dan Risiko Melahirkan dalam Air Atau Water Birth

Pemeriksaan Dilakukan oleh KPU Terhadap Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).