in

Enam Kasus Korupsi di Bireuen yang Masih Menggantung

ACEHTREND.CO,Bireuen- Ada enam kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Bireuen, statusnya tidak kunjung meningkat. Mulai dari penggelapan sapi hingga hibah pembanguan Mesjid Agung Bireuen (Mesjid Agung Sultan Jeumpa-red).

Koordinator Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, Akhalani, S.H.I, pada acara diskusi Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang dipusatkan di aula M. A. Jangka, Universitas Almuslim, Bireuen, menyebutkan, dalam catatan lembaganya ada enam kasus besar yang tak kunjung selesai.

Pertama, dugaan tindak pidana korupsi kredit fiktif tahun 2013 di Bank Mandiri Cabang Bireuen, yang mencapai angka 1,3 miliar dan dilakukan oleh pihak internal bank, PNS dan pihak swasta. Kasusnya masih menggantung di Polda Aceh.

Selanjutnya dugaan tipikor dana honorarium relawan siaga bencana gampong (sibag) di bawah BPBD Bireuen, bersumber dari APBK Bireuen tahun 2013 sebanyak 730 juta rupiah. Kasusnya masih ditangani Polda.

Dugaan penggelapan sapi tahun 2010 pada Dinas Peternakan dan Pertanian. Kasus ini awalnya ditangani oleh Kejaksaan Negeri Bireuen dan kemudian diambil alih oleh Polda Aceh.

Hibah pembangunan mesjid Agung Bireuen (Mesjid Agung Sultan Jeumpa-red) tahun 2015 yang bersumber dari APBK-P senilai sembilan miliar. Penanganannya di Kejati Aceh.

Pengadaan tanah fiktif di SMP Negeri 2 Pandrah, tahun 2013 dan kerugian negara diperkirakan 300 juta. Kasusnya diproses di Polres Bireuen.

Terakhir, kasus dana hibah APBA untuk alokasi pembangunan Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) Bireuen senilai satu miliar rupiah.

“Kasus-kasus tersebut sampai sekarang tak mengalami perkembangan yang berarti. Kondisi ini berbahaya, karena berpotensi menjadikan tersangka sebagai mesin ATMnya oknum penegak hukum,” terang Akhalani.

Akshalani mengaku kecewa, seharusnya pihak Polres Bireyen dan Kejari Bireuen membatalkan kehadirannya sebagai pembicara pada diskusi yang digelar hari ini.

“Sayang, seharusnya mereka tidak membatalkan kesertaan di menit-menit akhir,” ujar Askhal yang mengaku berencana ingin menanyakan sejumlah kasus dugaan korupsi di Bireuen kepada dua institusi itu. []

Komentar

What do you think?

Written by virgo

4 Orang Besar Indonesia Yang Dibuatkan Patung Lilin di Museum Madame Tussauds

Polresta amankan sembilan begal di Palembang