in

Filipina vs Indonesia: Pantang Pandang Enteng Lawan

Kepercayaan diri timnas U-19 Indonesia sedang tinggi setelah kemenangan atas tuan rumah Myanmar dalam pertandingan perdana (5/9). Itu menjadi modal berharga melakoni laga kedua melawan Filipina pada grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Yangon, malam ini (siaran langsung Indosiar pukul 18.30 WIB).

Filipina bukanlah unggulan dalam event kali ini. Mereka juga belum pernah mencapai semifinal selama enam kali ambil bagian dalam ajang yang sama. Bahkan, pada pertandingan pertama, mereka takluk oleh Brunai Darussalam 2-3 (5/9). Tapi, pantang bagi Rachmat Irianto dkk untuk pandang remeh lawan.

”Kalau profil jelek lawan yang dimunculkan akan ada rasa takabur nanti. Saya sudah tekankan siapapun lawan harus kamu hadapi secara serius. Tidak ada lawan yang ringan, tidak ada lawan yang berat. Yang penting kami hadapi sungguh-sungguh,” kata pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri, kemarin.

Dalam sesi latihan kemarin sore, Indra mencoba melakukan perubahan komposisi pemain. Beberapa penggawa yang telah turun di laga kontra Myanmar tampak tidak masuk tim utama. Mereka antara lain, winger Saddil Ramdani, gelandang M. Iqbal, dan striker Hanis Saghara. 

Sebagai gantinya, Asnawi Mangkualam yang bisa bermain sebagai gelandang berpotensi turun. Egy Mualana Vikri yang sebelumnya berada di gelandang serang digeser lebih ke kanan. Adapun posisi terdepan akan ada M  Rafly.

Saat ditemui usai latihan, Indra tidak menampik akan ada rotasi. ”Supaya nanti di akhir turnamen kami punya pemain yang punya jam terbang secara menyeluruh. Yang jelas sebagaimana kami hadapi Filipina besok (hari ini, red), kami melihat video permainan mereka dan melihat langsung pertandingan di stadion (lawan Brunei). Itu yang menjadi antisipasi kami,” imbuh peramu strategi asal Padang itu.

Pria 54 tahun itu menambahkan, rotasi bukan karena ada pemain yang cedera atau kurang fit, melainkan murni pertimbangan taktikal dan recovery. Dengan kondisi ini, dia berpendapat timnya punya kans besar untuk meraih tiga poin. Asal, pemain bisa meningkatkan kemampuan lebih baik dari laga perdana.

“Kami juga siap-siap untuk lawan Vietnam (11/9). Saya ingin anak-anak bermain seperti biasanya. Saya pikir di babak kedua kemarin pemain masih belum 100 persen. Saya berharap jauh lebih baik,” lanjut mantan pemain dan pelatih PSP Padang itu.

Kapten timnas U-19 Rachmat Irianto mengaku telah mengantongi kekuatan Filipina. Tapi, bek tengah Persebaya Surabaya itu tetap mewaspadai beberapa andalan skuat asuhan Jose Maria Anoche Aberasturi tersebut. Dua pemain yang diwaspadai adalah striker Mariano Suba dan winger Palogan Tacardon yang memiliki kecepatan. Kebetulan keduanya mencetak gol kala melawan Brunei Darussalam. Bek yang akrab disapa Rian itu tidak ingin kembali lengah seperti melawan Myanmar.

”Setelah pertandingan, sesama pemain kami adakan evaluasi sendiri apa yang kurang di pertandingan. Antisipasi saya Filipina punya serangan balik yang cepat. Semua di tim sudah mempersiapkan dengan baik untuk membendung Filipina,” ujar pemain 18 tahun itu. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Sekolah Boleh 5 atau 6 Hari

Lima Kloter Awali Misi Kepulangan Jamaah Haji