in

Forum Rektor Ajak Rajut Kembali Persatuan Bangsa

JAKARTA – Forum Rektor Indonesia (FRI) mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa setelah beberapa waktu terakhir mengalami dinamika yang mengkhawatirkan dan dapat memicu disintegrasi bangsa. “NKRI dengan Pancasila sebagai dasar negara merupakan hasil konsensus rakyat Indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan,” kata Ketua FRI, Suyatno, di Jakarta, Selasa (30/5).

Karena itu, ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) itu, segala upaya untuk merongrong dan memecah-belah NKRI dan upaya mengganti Pancasila sebagai dasar negara oleh kelompok-kelompok tertentu harus dilawan dan diproses secara hukum. FRI, ujar dia, mendukung sikap pemerintah Indonesia dalam hal ini Presiden Joko Widodo untuk menindak tegas kelompok-kelompok yang gerakannya tidak sesuai dengan Pancasila dan mengancam keberadaan NKRI.

Kebinekaan Indonesia, ujar dia, harus dipelihara dan dipertahankan dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan antaretnis, budaya, agama, dan kelompok-kelompok lainnya. “Lupakan persoalan pilkada DKI yang telah menyita perhatian semua pihak. Kami mengimbau kepada pemerintah untuk berdiri di atas semua golongan, di sisi lain juga bersikap tegas terhadap tindakan-tindakan radikalisme sesuai dengan hukum yang berlaku,” katanya. cit/E-3

What do you think?

Written by virgo

Melawan Tembakau

Aparatur Negara Diimbau Tidak Menambah Cuti Lebaran