in

Gali Permasalan Nagari, Respon Kebutuhan Masyarakat

JADI HARAPAN: Warga Antusias antarkan Walnag Batu Ampa
terpilih, Asra Arafat ke tempat pelantikan di halaman Ponpes Al-Manaar Batu Ampa, Senin (21/11).(IST)

Ratusan warga Nagari Batuampa, Kecamatan Akailuru, tumpah ruah menghadiri arak-arakan pelantikan Wali Nagari (Walnag) Batuampa, Asra Arafat yang terpilih pada Pemilihan Wali Nagari Serentak 25 Juni lalu.

Hanya saja dilantik terpisah dari 68 wali nagari lainnya. Sebab masa jabatan Wali Nagari Batuampa baru berakhir di akhir Oktober 2022.

Arak-arakan di sepanjang nagari yang diikuti masyarakat dan tokoh Nagari Batuampa menandakan antusiasnya masyarakat menyambut pemimpin baru yang sebelumnya juga sudah pernah memimpin nagari Batuampa.

Diantara sejumlah tokoh masyarakat, terlihat anggota DPR RI, Iqbal hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan dukungan bagi wali nagari terpilih, Asra Arafat, Senin (21/11) pagi.

“Alhamdulillah, ini menjadi awal amanah masyarakat harus dipikul sebagai pimpinan Nagari Batuampa. Semoga beban berat ini menjadi ringan dengan aktifnya masyarakat dan dukungan para tokoh mendukung setiap program membangun bersama Nagari Batuampa,” ucap Asra Arafat, usai arak-arakan sembari menunggu kehadiran Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra di tempat pelantikan, Pondok Pesantren Almanar, kemarin.

Bupati Limapuluh Kota mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari Batuampa sebelumnya, yang telah mengabdikan diri membangun nagari. Sementara untuk walnag terpilih, Asra Arafat, Bupati menyampaikan tujuh pesan penting untuk mengemban amanah.

Mulai dari eratkan kembali persatuan dan layani mayarakat dengan baik, susun RPJM sesuai kebutuhan nagari dan misi pemabangunan nagari, kelola keuangan dengan baik secara transparan dan akuntabel, respon kebutuhan masyarakat.

“Jadilah wali nagari, kreatif dan inovatif serta berkolabirasi dengan Kecamatan Akabiluru, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mewujudkan pembangunan masyarakat yang lebih baik,” ucap Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra yang hadir dalam pelantikan Wali Nagari Batuampa berpesan untuk walnag terpilih agar terus menjalin koordinasi yang intensif dengan semua pihak untuk percepatan pembangunan nagari yang lebih baik. Kemudian yang juga tak kalah penting, tentunya terus melakukan kolaborasi dengan Badan Musyawarah (Bamus) nagari.

“Kita juga berharap kepada walnag terpilh agar menyusun RPJM Nagari dengan melihat permasalahan yang ada di nagar, hati-hati dalam pengelolaan keuangan nagari, bekerjalah dengan ikhlas dan cerdas. Terakhir kembangkan potensi nagari, UMKM, pariwisata, pertanian, perkebunan dan potensi lainnya di nagari,” kata Deni Asra disela-sela pelantikan kemarin.

Tokoh masyarakat Sumatera Barat, Mahyunis yang juga anak nagari Batuampa, Kecamatan Akabiluru, berharap wali nagari terpilih mampu mengemban amanah dengan baik dan berkolaborasi dengan masyarakat untuk kemajuan Nagari Batuampa. Sehingga menjadi nagari yang mampu memberikan kesejahteraan dan melayani masyarakat dengan baik.

“Mudah-mudahan wali nagari terpilih diberi kekuatan dan kemampuan untuk membangun nagari bersama masyarakat,” ucap tokoh masyarakat yang berprofesi sebagai Lawyer ini saat berdiskusi dengan Padang Ekspres disela-sela pelantikan walnag di Batuampa, kemarin.(fdl)

What do you think?

Written by Julliana Elora

RKUHP Bakal Disahkan Akhir 2022

Menpar: Sumbar Harus Tingkatkan Ekotourism