in

Gelar Doa Bersama Sambut Tahun Baru Islam

PELEPASAN: Guru dan siswa SDN 59 Payakumbuh saat melepas balon ke angkasa dalam kegiatan menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah, Jumat (29/7).

KELUARGA besar SD Negeri 59 Payakumbuh melaksanakan kegiatan doa bersama dan ceramah agama dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah, Jumat (29/7).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Mari Berhijrah Menuju Pribadi yang Lebih Baik, Bertakwa dan Berakhlaqul Karimah. Untuk ceramah agama langsung disampaikan oleh guru PAI yang berisi tentang makna hijrah. Banyak hal yang sudah kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Saatnya kita mengevaluasi diri.

Perputaran waktu telah mengantarkan kita untuk menghadapi berbagai fenomena budaya yang turut berubah, dan sebagai sunnatullah juga jika kita lihat di tiap-tiap periode dari rentang waktu tersebut muncul secara silih berganti yang haaq dan yang bathil, dari sejak jaman Nabi Adam hingga abad modern ini. Saatnya kita hijrah memperbaiki diri.

Hijrah bukan saja pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, karena hijrah pada hakekatnya adalah usaha pemindahan diri dari kondisi buruk ke kondisi baik, dari kondisi baik ke kondisi lebih baik lagi.

Selanjutnya dengan hijrah kita mulai mengubah perkataan, perbuatan bahkan penampilan kreasi yang lebih baik dan menjadi pribadi yang berkepribadian akhlakul karimah. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bekal bagi peserta didik agar senantiasa terus belajar dan peduli pada ajaran agama islam.

Kegiatan ini juga mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila dalamkehidupan sehari-hari, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita berharap, bekal dan ilmu yang didapatkan pada kegiatan itu dapat terus dijaga oleh para peserta didik yang kemudian diterapkan dalam kehidupansehari-hari.

Semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat untuk semua yang mendengarkan. Kemudian kegiatan ditutup dengan pembacaan doa bersama dan pelepasan balon ke angkasa.

Ada pun pelepasan balon ini bagi keluarga besar SDN 59 mengandung makna harapan yang tinggi untuk mewujudkan proses dan hasil pendidikan yang lebih baik di sekolah dan meninggalkan hal-hal yang kurang baik, untuk mewujudkan mimpi bersama dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dan mengembangkan karakter anak masa depan yang lebih gemilang.

Bagi peserta didik sendiri, pelepasan balon ke angkasa merupakan hal yang sangat menggembirakan dan membangkitkan keceriaan mereka. Semoga peserta didik lebih semangat lagi belajar dan berkarya di masa selanjutnya, dan menjadi pribadi yang santun kepada orangtua, guru dan sesama, harapan nusa, bangsa dan agama. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa, Wagub Audy: Jaga Eksistensi Konten Lokal

Biro Adpim Setdaprov Sumbar Raih Peringkat II OPD Berkinerja Terbaik