in

Gempa Dangkal Guncang Kota Padang, Terasa juga III MMI di Pesisir Selatan

Gempa tektonik berkekuatan 4,4 Magnitudo mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (22/8/2022) sekitar pukul 16:26:54 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terletak pada koordinat 1.12 LS dan 100.30 BT atau tepatnya berlokasi di laut sekitar 21 km Baratdaya Kota Padang, Sumbar pada kedalaman 44 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Padangpanjang Suaidi Ahadi.

Menurutnya, guncangan gempabumi ini dirasakan di Padang dan Pesisir Selatan III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” imbuhnya.

Sampai pukul 16:45 WIB, lanjut Suaidi, belum tercatat adanya gempabumi susulan. Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” ingatnya.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Adi Indra, Si Pustakawan: Tingkatkan Minat Baca, Ciptakan Kreativitas

Endar Madesa, si Penulis Buku Bunga Rampai Kemendikbudristek RI