in

Gempa Darat Guncang Tanahdatar, Terasa hingga Padang

PADEK.JAWAPOS.COM-Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 mengguncang wilayah Tanahdatar, Sumatera Barat pada Sabtu (27/1/2024) malam pukul 23.50 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Padangpanjang menyebutkan, pusat gempa berada di darat pada  koordinat 0,52 LS, 100,56 BT, tepatnya di 7 kilometer barat daya Batusangkar pada kedalaman 10 km.

Gempa tersebut dirasakan dengan intensitas sedang hingga kuat di wilayah Tanahdatar, Padangpanjang, Bukittinggi, Padangpariaman, Pariaman, Pasaman Barat, Padang hingga Solok Selatan. “Lumayan kuat terasa di Batusangkar,” ungkap Dolly, warga Tanahdatar lewat pesan WA.

Gempa tersebut dirasakan dengan intensitas sedang hingga kuat di wilayah Tanahdatar. Getaran gempa juga dirasakan banyak warga di Kota Padang selama beberapa detik.

Berdasarkan data BMKG, pada Sabtu (27/1/2024) ini terjadi beberapa kali gempa darat dan dangkal di Tanahdatar. Sebelumnya, berkekuatan magnitudo 2.6, pukul 16:41:19 WIB di 17 km Barat Daya Batusangkar, Tanahdatar pada kedalaman 4 km.

Pada pukul 15:45:44 WIB, gempa berkekuatan magnitudo 3.1 yang berpusat di 14 km Barat Daya Batusangkar dengan kedalaman 4 km.

Gempa magnitudo 2.8 juga terjadi beberapa menit sebelumnya, pukul 15:42:28 WIB, berlokasi di 17 km Barat Daya Batusangkar pada kedalaman 6 km.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa tersebut. BMKG mengimbau warga untuk tetap waspada dan tidak panik.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Empat Tim Telah Lolos Babak 8 Besar Piala Soeratin, Hari Ini Sumbar vs Kaltim

Konser Indonesia Maju, Padangpanjang All In Prabowo-Gibran, yang Lain Sorry ye