in

Gempa Kembali Guncang Kuantan Singingi Riau

PADEK.JAWAPOS.COM-Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,2 mengguncang Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, pada Jumat (15/12/2023) pukul 13.34 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang disampaikan Stasiun BMKG Padangpanjang Sumbar, pusat gempa berada di koordinat 0,55 derajat lintang selatan dan 101,69 derajat bujur timur, tepatnya di 21 kilometer tenggara Kuantan Singingi.

“Kedalaman gempa berada di 10 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata BMKG Padangpanjang yang dipimpin Suadi Ahadi di Grup WhatsApp BMKG & Stakeholdes Sumbar.

Sebelumnya, pada awal pekan ini Kuantan Singingi juga diguncang gempa. Gempa dengan magnitudo 5,8 yang di-update jadi magnitudo 5,5 itu berpusat di 19 kilometer barat daya Kuantan Singingi, Riau, Senin (11/12)/2023 pukul 17.16.40 WIB.

Berdasar rilis BMKG, gempa tersebut berpusat di darat. Yakni dengan kedalaman 246 km pada koordinat 0,52 lintang selatan dan 101,30 bujur timur.

Gempa menengah ini dipicu deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Sumatera.

Sementara itu, Modified Mercally Intensity (MMI) tercatat di Padang berskala II MMI atau terasa hanya oleh orang dalam keadaan istirahat terutama di tingkat atas bangunan atau tempat yang tinggi.(rel/jpg/esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kolaborasi Pemko Payakumbuh dan Masyarakat Diapresiasi

Gempa Guncang Bukittinggi, Dipicu Sesar Aktif Segmen Sianok