in

Gempa Magnitudo 6,9 di Sangihe Sulut dan Mindanao Filipina 

PADEK.JAWAPOS.COM-Gempa berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang barat laut Tahuna Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara pukul 15.14 WIB.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa tersebut berpusat di 5.50 Lintang Utara (LU) dan 125.18 Bujur Timur (BT) atau 212 km Barat Laut Tahuna, Sangihe, Sulut pada kedalaman 44 Km.

Gempa yang tidak berpotensi tsunami ini dirasakan V MMI di Naha, III – IV MMI di Kepulauan Talaud, III MM di Manado, Bolaang Mongondow dan Minahasa Utara.

Setelah itu, pada pukul 15:43 terjadi gempa lagi berkekuatan 4,1 magnitudo di 229 km Barat Laut Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulut pada kedalaman 50 km.

“Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” imbau BMKG.

Guncang Mindanao Filipina

Sementara itu, berdasarkan Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ), gempa bermagnitudo 6,9 tersebut juga mengguncang wilayah Mindanao selatan Filipina

Menurut GFZ, gempa tersebut terjadi di lepas pantai wilayah Mindanao Filipina, pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil). Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada potensi tsunami.

Sejauh ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa. Badan Seismologi Filipina mengatakan gempa tersebut berlangsung beberapa detik dan mengimbau warga untuk waspada terhadap gempa susulan dan kerusakan.

Penyiar radio Leny Aranego dari kota General Santos di Cotabato Selatan mengatakan gempa kuat tersebut merusak dinding dan menjatuhkan beberapa komputer dari meja.

“Kami melihat dinding retak dan komputer terjatuh,” kata Aranego kepada stasiun radio DZRH seperti dikutip Reuters.(/rtr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Hadiri Pertemuan IPEF, Presiden Tegaskan Keterbukaan Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Sejumlah Pihak

Komentar Scaloni & Messi Usai Kekalahan Pertama Argentina Sejak Piala Dunia