in

Gencarkan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Muaraenim yang turut serta dalam sosialisasi dan edukasi protocol kesehatan.

Muaraenim, BP–Sosialisasi dan edukasi kepada warga makin gencar dilakukan oleh Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muaraenim. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi serta penanganan dan upaya pemutusan rantai penularan wabah Covid-19 di Bumi Serasan Sekundang yang kian meningkat.
Pada kesempatan ini, Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Muaraenim yang turut serta dalam sosialisasi dan edukasi diantaranya, Dinas Komunikas Informatika Muaraenim, Dinas Kesehatan Muaraenim, Dinas Sat Pol PP Muaraenim, Kecamatan Muaraenim, Babinsa TNI Kodim 0404 Muaraenim, dan Bhabinkamtibmas Polres Muaraenim.
Adapun materi sosialisasi dan edukasi yang disampaikan Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Muaraenim yakni anjuran protokol kesehatan seperti mengenakan masker diluar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun lalu menghindari kerumunan atau sosial distancing. Dalam kegiatan sosialisasi disampaikan keberbagai sektor masyarakat yang berada di lembaga pendidikan, tempat pangkas rambut, warung makan, dan minimarket.
Kepala Dinas Kesehatan Vivi Mariani, mengatakan pihaknya terus mengingatkan masyarakat tentang pentingnya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir dan mencuci tangan dengan hand sanitizer ditengah masa pendemi. “Karena mudah-mudahan dengan mengikuti anjuran curva positif di Kabupaten Muaraenim dapat ditekan,”kata Vivi.
Vivi menambahkan, kegiatan sosialisasi protokol kesehatan juga menyasar lembaga pendidikan sekolah. Dalam hal ini pihaknya melakukan edukasi ke sekolah, tepatnya di SMA Negeri 2 Muaraenim yang telah melangsungkan kegiatan diklat siswa baru.
“Karena penerapan protokol kesehatan disekolah sangat penting, diharapkan para siswa bisa menghidari penyebaran wabah disekolah, serta meginformasikan pentingnya protokol kesehatan kekeluarganya masing-masing,”ungkapnya.
Sementara Komandan Kodim 0404/Muaraenim Letkol Inf Syafruddin, menambahkan tim satgas yang beranggotakan prajurit TNI juga gencar memberikan edukasi Covid-19 ke sejumlah pusat keramaian seperti pasar tradisional dan sebagainya.
Bahkan pihaknya juga memberikan informasi angka penyebaran covid-19 untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat. “Kami pasang papan informasi dan anjuran protokol kesehatan di dua posko di Muaraenim dan Lawang Kidul, setiap hari datanya diperbarui petugas supaya diketahui masyarakat guna meningkatkan kewaspadaan,”kata Syafruddin.
Untuk diketahui, kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Muaraenim mengalami tren peningkatan beberapa hari terakhir. Adapun jumlah kasus positif berdasarkan data satgas Covid-19 Muaraenim, Rabu (15/7) berjumlah 103 orang dengan rincian 31 sembuh, 3 meninggal dan 67 masing dirawat.#nur

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kades Penandingan Terancam Dipecat

Pendapatan Masyarakat Lapisan Bawah Turun Tajam