in

Gubernur Minta UTP Mulai Memilah Program Unggulan

Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima Audiensi Rektor Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Dr Ir Hj Manisah, MP, beserta rombongan di ruang kerjanya, Senin (13/6/22). (BP/IST).

Palembang, BP – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) meminta kepada Universitas Tridinanti Palembang (UTP) untuk mulai memilah program unggulan yang akan mereka kembangkan.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima audiensi Rektor UTP.DR Ir Hj Manisah, MP, beserta rombongan di ruang kerjanya, Senin (13/6/22).

Deru mengatakan, dirinya meminta atau mengarahkan agar UTP mulai memilah program unggulan yang akan mereka kembangkan dalam rangka mendukung percepatan capaian pembangunan di Sumsel.

“Penajaman kerja sama UTP dengan Pemprov ini perlu dilakukan lagi, agar jangan terlalu banyak. Misalnya kita unggulkan pertanian. Ini kan bagus, karena akibat konflik di Rusia-Ukraina akan memicu krisis pangan,” katanya.

Lanjutnya, jika UTP fokus di bidang pertanian secara makro mereka bisa mengembangkan produksi alsintan, peningkatan produksi atau marketing.

Baca Juga:  Polemik UKT Mahasiswa UIN Raden Fatah, DPRD Sumsel Panggil Rektorat dan Perbankan

“Itu yang perlu kita upayakan karena personel kita banyak. Pertama saya rekrut 1400 sekarang sudah 2.000 orang. Mereka yang akan membina petani jadi lebih bankable dan menjadi petani entrepreneurship,” ujar Deru.

Deru menjelaskan, saat ini menurut riset dari perguruan tinggi juga sangat diperlukan. Misalnya bagaimana agar sawit di Sumsel yang banyak ini dibuatkan turunannya sehingga kelangkaan migor tidak terjadi di Sumsel.

“Pertajam lagi ini melalui pembicaraan dengan Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan Dinas Ketahanan Pangan. Lakukan riset juga kenapa sekarang orang-orang enggan bertani dan lainnya,” jelasnya seraya menambahkan bahwa dengan adanya penajaman ini diharapkan MoU yang telah dilakukan Pemprov dengan berbagai universitas memiliki progres tak lagi MoU tapi menjadi Memorandum of Action (MoA).

Baca Juga:  YPI Al Azhar Palembang Bangun Gedung Lima Lantai

Sementara itu, Rektor UTP Dr Ir Hj Manisah, MP, mengatakan, dalam pertemuan tersebut dirinya memaparkan beberapa MoU yang telah dilakukan UTP dengan beberapa mitranya termasuk Pemprov Sumsel.

“Adapun beberapa program yang telah dilakukan itu antara lain program inovasi produk unggulan daerah, Kampung Proiklim, Program Merdeka Belajar, serta Program Kampung Literasi secara internal di lingkungan kampus,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya sangat berterima kasih kepada Gubernur Sumsel yang telah menerima audiensi dan juga memberikan arahan kepada mereka.

“Kami sangat gembira beliau sudah berkenan menerima kehadiran dan juga memberikan arahan kepada kami. Dan kami UTP siap mendukung program Pemda terutama yang terkait dengan pemberdayaan pertanian,” ungkap Manisah.

Baca Juga:  Penghibah Tanah Untuk MAN Minta Kejelasan

Manisah menambahkan, dirinya juga mengundang Gubernur Sumsel Herman Deru untuk memberikan kuliah umum.

“Ya kami juga mengundang beliau untuk dapat memberikan kuliah umum pada kuliah perdana mahasiswa baru bulan Oktober mendatang,” katanya.

Turut hadir dalam pertemuan itu,
Dr Rosmalinda Permatasari, ST, MT (Wakil Rektor 1), Syaiful Sahri, SE, MSi ( Wakil Rektor III), Dr Nasir, MP (Dekan Fakultas Pertanian), Zulkarnain Fatoni, MT, MM (Dekan Fakultas Tehnik), Dr M Ima Andriyani, SE, MSi (Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi). #

What do you think?

Written by Julliana Elora

Peringatan Seabad dan 62 Tahun Taman Siswa Sungaigerong, Palembang

Ini Rahasia Kulit Glowing Meghan Saat Hadiri Platinum Jubilee