in

Gubernur Riau dan Istri Terima Gelar Sangsako Adat dari Kaum Suku Chaniago

PADEK.JAWAPOS.COM-Gubernur Riau Syamsuar dan istrinya Misnarni menerima gelar sangsako adat dari kaum suku Chaniago di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (16/9/2023).

Penganugerahan gelar berlangsung di rumah gadang milik kaum suku Chaniago Datuak Rajo Nan Sati Jhon Satri di Lubuak Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan (Pessel).

Syamsuar kini resmi bergelar Datuak Rajo Nan Sati Alam Batuah, sementara istrinya, Misnarni bergelar Puti Intan Batuah.

Acara penganugerahan gelar dihadiri para tokoh termasuk Ketua MKA LAMR Datuk Seri Marjohan, Ketua DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil dan sejumlah pengurus LAMR lainnya serta mantan gubernur Saleh Djasit dan Wan Abu Bakar.

Kemudian, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Syaifullah, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar serta para niniak mamak dari kaum Chaniago, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat daerah.

Kedatangan Gubernur Riau dan istrinya disambut kesenian gendang tasa, tari gelombang, dan tari pasambahan.

Rangkaian penganugerahan gelar dimulai dengan pembacaan surat keputusan dari Kaum Suku Chaniago Lubuak Nyiur, yang memberikan gelar sangsako adat ini.

Niniak Mamak dari Kaum Suku Chaniago Lubuak Nyiur, Dt. Rajo Nan Sati Jhon Satri, menjelaskan bahwa pemberian gelar kehormatan ini didasarkan pada berbagai pertimbangan dan alasan penting. Ini termasuk hubungan historis antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau, serta hubungan ekonomi yang erat antara kedua provinsi tersebut.

Selain itu, katanya, banyak masyarakat asal Minangkabau yang berperan penting dalam bidang ekonomi dan pemerintahan Riau juga menjadi pertimbangan.

Tidak hanya itu, Syamsuar sendiri memiliki pengalaman hidup dan bekerja di wilayah Sawahlunto, Sumatera Barat. Kerja sama yang baik Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau dan LKAAM Sumbar juga menjadi bagian dari konteks pemberian gelar ini. Semua ini mencerminkan kedekatan dan kerja sama yang kuat antara kedua provinsi.

Gubernur Sumatera Barat melalui Kepala Dinas Kebudayaan Saifullah, mengucapkan selamat kepada Syamsuar dan istri atas penghargaan adat yang telah mereka terima. “Ini adalah momen yang bersejarah dan memperkuat hubungan antara kedua provinsi,” katanya.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Road To COP28, PLN Tegaskan Komitmen Bangun Ekosistem EBT di Festival LIKE 2023

Budi Syahrial Tantang Pemko Padang dan PSM Koneksikan Transpadang. Ini Sebabnya…