in

Harga Ikan Segar dan Ayam Potong Di Meulaboh Melonjak

ACEHTREND.CO, Meulaboh – Terbatasnya pasokan ikan segar di Pasar Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat menyebabkan harga enceran ikan mengalami kenaikan. 

M. Saleh Ibrahim, salah satu pedagang ikan mengatakan, melonjaknya harga berbagai jenis ikan tersebut lantaran kurangnya pasokan ikan dari nelayan Aceh Barat selama dua pekan terakhir. Menurutnya nelayan mengalami cuaca buruk saat melaut. 

“Pasokan ikan terbatas kerena nelayan mengalami cuaca buruk. makanya harga naik,” ujar M. Saleh, Jum’at, (20/1/2017) di Meulaboh.

M. Saleh mencontohkan, harga ikan tongkol dari 25 ribu/kg, naik menjadi 40 ribu. sedangkan ikan tuna, dari harga 35 ribu, naik menjadi 60 ribu/kg. Kondisi tersebut juga dialami oleh semua jenis ikan segar di pasar itu.

Selain disebabkan cuaca buruk, menurut Saleh, juga dipengaruhi oleh peningkatan permintaan masyarakat terhadap jenis ikan di momen Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kami pedagang tidak serta merta menaikkan harga ikan pak. Kondisi ini disebabkan pasokan ikan berkurang. Mungkin sebagian masyarakat kita menganggap naiknya harga ikan sepenuhnya dipengaruhi oleh kegiatan Maulid,” katanya.

Dia menambahkan momen maulid tahun lalu. 2016, harga ikan tetap stabil, karena pasokannya stabil, “maulid tahun lalu harga ikan stabil, karena pasokannya stabil. Jadi kanaikan ini karena pasokan kurang stabil bukan sepenuhnya karena permintaan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, harga ayam potong di pasar meulaboh juga mengalami kenaikan, pedagang menyebutkan kenaikan tersebut dikarenakan peningkatan permintaan dari masyarakat, sedangkan pasokan ayam sangat terbatas.

“Harga ayam, per ekor yang biasanya kita jual 50 ribu, hari ini naik menjadi 55 ribu bahkan 60 ribu,” kata salah satu pedagang ayam di pasar Bina Usaha Meulaboh.[]

Komentar

What do you think?

Written by virgo

Pejalan Kaki Tewas Ditabrak V-ixion

Sby Sebut Juru Fitnah dan Penyebar Hoax Berkuasa