in

Hattrick! Riau Kunci Posisi Juara Umum Porwil Sumatera XI 2023

PADEK.JAWAPOS.COM-Riau sudah dipastikan menjadi juara umum di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI 2023 setelah menambah 1 emas lagi dari Cabor Takraw di nomor pertandingan Quadrant Putri. Hingga Sabtu (11/11/2023) siang, total medali Riau sudah 38 emas, 16 perak dan 33 perunggu.

Secara hitungan raihan emas sudah tidak terkejar oleh Bangka Belitung (Babel) sebagai pesaing terdekat yang mengoleksi 31 emas, 21 perak dan 25 perunggu. Apalagi Babel kalah dipertandingan voli indoor beregu putra melawan Riau. Babel hanya tinggal mengikuti 6 nomor pertandingan lagi.

Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen (Purn) Suwarno mengatakan, cabor yang masih tersisa saat ini yaitu voli indoor, sepak takraw, catur dan sepakbola. Perolehan medali secara umum hingga saat ini Riau 38 emas, di bawah Riau yaitu Babel 31 emas dan yang lain masih di bawah.

“Dari sisa pertandingan serta posisi medali saat ini Riau masih punya peluang untuk di nomor-nomor yang belum selesai. Sementara Babel dari beberapa babak penyisihan maupun menuju babak final nanti, tidak mempunyai potensi sebesar yang dimiliki oleh Riau,” kata Suworno, saat menggelar konferensi pers.

Oleh sebab itu, katanya, kemungkinan besar Riau akan menjadi juara umum pada saat Porwil ini. Hattrick yang diperoleh tiga kali berturut-turut sebagai juara umum Porwil. “Selamat untuk atlet Riau, KONI Riau dan Provinsi Riau sebagai juara umum,” ujarnya.

Dia menuturkan, berdasarkan hasil pantauan selama pertandingan ke beberapa cabang olahraga, prestasi yang menonjol tertumpu pada beberapa provinsi, yaitu untuk Riau sendiri tertumpu pada cabor renang yang berhasil meraih 23 emas dari 38 nomor yang dipertandingkan.

Kemudian cabor atletik dari 47 emas yang dipertandingkan tertumpu pada Babel yang berhasil meraih 27 emas. Sedangkan cabor Wushu itu didominasi atlet dari Jambi. Sepak Takraw merata, begitu pula cabor yang lain.

“Kita berharap ke depannya masing-masing harus bisa memprioritaskan cabang olahraga unggulan yang ada di provins. Masing-masing dihadapkan dengan keterbatasan dan kemampuan yang dimiliki oleh KONI provinsi. Sehingga nanti akan ada unggulan-unggulan lain,” pungkasnya.

Sementara, Kadispora Riau Boby Rachmat mengungkapkan pelaksanaan Porwil Sumatera XI di Riau sejauh ini sudah berjalan baik.

“Hingga saat ini sudah enam cabor yang menyelesaikan pertandingan, masih tersisa 4 cabor lagi yaitu Voli Indoor, Sepak Takraw, Catur dan Sepakbola. Mudah-mudahan sampai dengan pertandingan selesai tidak ada masalah,” kata Boby.

Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin mengatakan, dirinya sempat khawatir Riau sebagai tuan rumah Porwil XI Sumatera ketika ditikung oleh Bangka Belitung yang memperoleh banyak medali emas dari cabang olahraga Atletik.

Kendati demikian, Iskandar Hoesin tetap optimistis dari Cabor Renang bisa menutupi kekurangan medali yang tidak didapat oleh cabor unggulan Riau lainnya seperti catur, atletik maupun Wushu.

“Kita optimistis Riau raih juara umum Porwil Sumatera XI. Riau kembali mengambil alih puncak kelasemen melalui cabang olahraga andalannya yaitu cabang olahraga renang, Barongsai. Untuk cabor yang masih dipertandingkan di Porwil XI Sumatera adalah Sepaktakraw, Bola Voli Indoor, Catur dan Sepak Bola,” ujar Iskandar Hoesin.(rpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Menakjubkan! Wolves Bantai Tottenham 2-1 di Menit-menit Tambahan Waktu

Andre Rosiade: Prabowo-Gibran Unggul Survei Poltrackhing, Pilpres Bisa Satu Putaran