in

Hilang 3 Hari, Kakek 80 Tahun Ditemukan Lemas dalam Rawa, Kabupaten Dhar­masraya

DHARMASRAYA, METRO–Tiga hari dinyatakan hilang, seorang pria lanjut usia (lansia) akhirnya berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan di dalam rawa dekat jembatan di jorong Sungai Betung, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dhar­masraya, Selasa (7/2) sekitar pukul 20.00 WIB.

Saat ditemukan, korban yang diketahui bernama Syawal Dt Lelo (80) warga Jorong Hidayah, Nagari Kurnia Koto Salak, Kecamatan Sungai Rumbai, yang hilang sejak Minggu (5/2), dalam kondisi lemas, sehingga dievakuasi ke RSUD Sungai Dareh untuk mendapatkan perawatan.

Wali Nagari Kurnia Ko­to Salak, Takwan menhatakan, bahwa sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti hilangnya korban. Hal ini disebabkan karena sejak ditemukan, korban belum bisa diajak berkomunikasi dan  kondisinya pun masih lemah.

“Korban meninggalkan rumah pada Minggu (5/2) sekira pukul 08.00 Wib dengan berjalan kaki menuju arah Sungai Rumbai.  Karena tak kunjung pulang, lanjutnya akhirnya pihak keluarga melaporkan kehilangan ke pihak nagari dan membuat laporan ke Pol­sek Sungai Rumbai pada Selasa (7/2),” ungkap Takwan saat ditemui warta­wan koran ini, Rabu (8/2).

Dikatakan Takwan, berdasarkan pengakuan keluarga yang melapor ke Pol­sek Sungai Rumbai, kondisi kakek Syawal memang sudah pikun dan berkemungkinan korban lupa jalan pulang. Sejak saat itu, tim gabungan yang terdiri pemerintahan nagari, Babinsa, pemuda, ninik mamak, Babinkamtibmas dan BPBD Dharmasraya bersama-sama mencari korban.

“Setelah dilakukan pencarian, akhirnya Kakek Syawal berhasil ditemukan di dekat rawa di Jorong Sungai Betung, Nagari Koto Baru atau sekitar 3 Km dari rumahnya,” ujar Takwan.

Dijelaksan Takwan, saat ditemukan, kondisi kakek Syawal sangat lemas, dan tim langsung mengevakuasi kakek Syawal menuju Puskesmas terde­kat. Na­mun, karena kondisinya semakin mengkhawatirkan, korban kemudian dirujuk  ke RSUD Sungai Dareh.

“Untuk pengobatan k­a­kek Syawal sudah ditanggung BPJS Kesehatan. Namun karena beliau dan istri sudah renta dan berekonomi rendah, kita upayakan untuk mengajukan bantuan biaya pendampingan ke Dinas Sosial dan Baznas Kabupaten Dhar­mas­raya. Sedang kita urus syarat administrasinya untuk biaya pendampingan kakek Syawal berobat di RSUD Sungai Dareh, “ pungk­as­nya. (gus)

What do you think?

Written by virgo

Warga Blitar Tewas Dihajar Massa, Dituduh Hendak Curi Kambing

Pemerintah Pusat Segera Bantu Perbaiki Ruas Jalan Rusak di Lampung