in

HKN Ke-59, Momentum Transformasi Kesehatan

SEMARAK: Wako Hendri Septa didampingi Wawako Ekos Albar melepas
balon saat Peringatan HKN ke-59 Tingkat Kota Padang, Rabu (15/11).(ERI M/PADEK)

Pemerintah Kota Padang menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tingkat Kota Padang di Gelanggang Balaikota Padang, Aiapacah, Rabu (15/11). Peringatan HKN ke-59 ini mengangkat tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

Wali Kota Padang Hendri Septa berharap momentum HKN ke-59, pelayanan kesehatan dapat terus ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Kita berharap HKN ini menjadi momentum bagi para dokter, perawat dan semua insan kesehatan yang tergabung dalam semua asosiasi untuk melakukan transformasi atau melakukan perubahan yang lebih baik kepada masyarakat. Baik itu dalam pembiayaan maupun fasilitas kesehatan,” ujar Wako Hendri Septa didampingi Wakil Wali Kota Ekos Albar dan Kepala Dinas Kesehatan dr Srikurnia Yati.

Terkait pelayanan dan fasilitas kesehatan di Kota Padang, sebut Wako Hendri Septa, saat ini RSUD Rasidin Padang dan juga Puskesmas telah mendapat predikat akreditasi paripurna.

Ini tentunya membuktikan bahwa RSUD Rasidin Padang dan juga Puskesmas terus konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, dalam rangka memeriahkan HKN ke-59 ini, Pemko Padang juga memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Diantaranya pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan gigi, deteksi tumbuh kembang anak.

Lalu ada screening penyakit kanker dan tidak menular, deteksi tumbuh kembang bayi dan balita serta pelayanan kesehatan lainnya. Kegiatan HKN ini didukung 26 rumah sakit di Kota Padang, organisasi profesi kesehatan yang ada di Kota Padang, perguruan tinggi dan pihak serta instansi terkait lainnya.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Srikurnia Yati mengatakan pelayanan kesehatan di Kota Padang, khususnya di Puskesmas sudah semakin baik. Dari 23 Puskesmas, sebanyak 20 Puskesmas sudah mendapatkan hasil akreditasi.

Dimana 17 Puskesmas meraih akreditasi Paripurna, 2 akreditasi Madya dan 1 Utama. “Ini membuktikan kalau kita berkonsentrasi penuh untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya. (eri)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ganjar-Mahfud Canangkan Digitalisasi Birokrasi untuk Indonesia Bersih dari KKN

SDN 28 Payakumbuh, Ciptakan Generasi Cinta Kudapan Tradisional