in

HKTI Imbau Warga Pilih Calon Kepala Daerah yang Berpihak pada Petani

Tasikmalaya – Menjelang Pilkada serentak yang akan digelar pada 28 Juni Mendatang di 171 daerah, dengan rincian 17 provinsi menggelar pemilihan gubernur, 39 kota memilih wali kota, dan 115 kabupaten memilih bupati, masyarakat diimbau untuk memilih calon kepala daerah yang berpihak pada petani.

Imbauan tersebut disampaikan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKT I), Moeldoko usai membuka acara “Workshop Santri Tani” di aula Pondok Pesantren Miftahul Huda, Jalan Miftahul Huda, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (17/2).

Menurut Moeldoko, sekitar 60 persen masyarakat Indonesia berbasis pertanian, namun masih banyak kepala daerah yang dianggap tidak berpihak pada petani kecil.

“Fakta di lapangan masih banyak kepala daerah yang tidak peduli petani kecil. Kita berharap pemimpin yang nanti terpilih dalam kontestasi Pilkada serentak, memiliki komitmen kuat untuk memajukan sektor pertanian,” kata Moeldoko, Minggu (18/2).

Oleh karena itu, Moeldoko mendorong masyarakat mencermati semua calon, siapa saja yang peduli dengan petani. Karena, masa depan pertanian daerah bergantung pada kepala daerahnya sendiri.

“Nasib petani memang tergantung pada kebijakan-kebijakan pemimpin daerahnya. Kalau pemimpinnya tidak pro petani, maka petani akan makin jauh dari kesejahteraan,” ujarnya.

Dalam catatan Koran Jakarta, ada pasangan calon gubernur Lampung yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan pertanian dan meningkatkan kesejehteraan petani yaitu pasangan Arinal Djunaidi- Chusnunia.

Arinal yang mantan Kepala Dinas Pertanian Lampung ini mengaku, ia salah satu calon Gubernur Lampung yang ingin mengedepankan aspirasi dan kebutuhan rakyat, bukan semata- mata kepentingan lain.

Menurut Arinal yang pernah menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini, ada 9,7 jiwa penduduk di Lampung dan 80 persennya bermata pencarian petani.

“Saya anak petani, saya orang yang sekolah dan bekerja di pertanian, saya tahu cara sarana meningkatkan produksi dan peningkatan perekonomian dari sektor pertanian. Selama ini pupuk susah ya? Nanti bersama rakyat saya siapkan pupuk agar ada di tiap kecamatan,” katanya. sur/AR-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sriwijaya FC Benahi Sentuhan Akhir

Ujian Kredibilitas KPU dan Bawaslu