in

HLN 78 PLN Sumbar Tingkatkan Keandalan Listrik, “Tutuah Abih” 177 Pohon Sawit

PADEK.CO– Jelang Hari Listrik Nasional ke-78 tahun 2023, PLN terus berkomitmen meningkatkan keandalan listrik. Salah satu aksi nyata terlihat saat tim PLN ULP Simpang Empat di bawah koordinasi PLN UP3 Bukittinggi melaksanakan “Batutuah Abih”, Perbaikan Konstruksi serta Eksekusi Temuan Gangguan Pohon dan Binatang untuk Keandalan.

“Beberapa upaya pemeliharaan telah kami lakukan diantaranya penebangan pohon atau Right of Way (ROW) yang berpotensi mengganggu jaringan, pemasangan proteksi pada jaringan agar terhindar dari gangguan hewan liar, hingga perbaikan atau penggantian konstruksi yang anomali,” ungkap Manager PLN UP3 Bukittinggi, Rudi Hamiri, Minggu (24/9).

Salah satu implementasi ROW Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dilakukan penebangan 177 batang Pohon Sawit serta pohon produktif lainnya yang mendekati Jaringan Distribusi 20 kV sepanjang Penyulang/Feeder Parit dengan melibatkan 54 personil pelaksana.

Pohon yang berjarak terlalu dekat dengan jaringan PLN tidak hanya dapat mengganggu keberlangsungan pasokan listrik dan merusak aset PLN, tetapi juga berpeluang menyebabkan korsleting listrik hingga bahaya listrik lainnya serta keselamatan masyarakat.

“PLN terus memberikan informasi kepada masyarakat, apabila menemukan pohon yang berdekatan dengan jaringan atau melihat jarak antara dahan pohon dan listrik kurang dari 3 meter, kami himbau segera melaporkan ke petugas melalui Aplikasi PLN Mobile,” kata Rudi.

Sementara itu Mesra perwakilan masyarakat Tamiang Ampalu Ujung Gading yang juga merupakan salah satu pemilik tanaman sawit, menyampaikan apresiasi kepada PLN atas kegiatan pemeliharaan jaringan listrik di lingkungannya.

“Kami berterima kasih kepada PLN, semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan guna meningkatkan keandalan jaringan listrik pada masyarakat tanpa gangguan akibat pohon atau benda lain yang berdekatan jaringan listrik,” ungkap Mesra. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lawatan ke Tigo Nagari, Bupati Pasaman Bertemu Guru dan Resmikan Jembatan Gantung

Fun Walk Kadin Sumbar, Saat Pengusaha Sumbar Berbaur dengan Masyarakat