in

Hoaks! Hotman Paris bagi-bagi duit Rp50 juta tanpa diundi

Jakarta (ANTARA/JACX) – Popularitas Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara di Tanah Air di sejumlah media dan media sosial selalu menarik perhatian masyarakat.

Pengacara yang tampil unik dengan sejumlah barang dan asistennya itu muncul pada sebuah unggahan Facebook dengan klaim narasi memberikan transfer sejumlah uang kepada masyarakat.

Unggahan video singkat itu muncul pada akun bernama Hotman Paris Reel dengan tanggal publikasi 13 September 2022. Hotman tampak pada layar bersama selebritas Barbie Kumalasari.

Terdapat teks bertuliskan narasi “Khusus Pengguna BNI BRI BCA saya trf 50juta tanpa diundi!!” pada sisi depan video singkat itu.

Sementara pada bagian komentar unggahan itu, terdapat pesan yang disematkan pemilik akun dengan keterangan sebagai berikut:
“Konfirmasi hadiah whatsapp admin di bawah https://wa.me/message/TZHGVKJOK7I4P1 “

Unggahan itu telah disukai oleh 3.929 pengguna lain Facebook, dikomentari 1.467 pengguna lain, dan dibagikan hingga 109 kali.

Apakah benar Hotman Paris membagikan uang Rp50 juta untuk masyarakat lewat sejumlah bank yang disebutkan pada unggahan itu dan tanpa diundi?
 

Unggahan hoaks yang mengklaim pengacara Hotman Paris Hutapea membagi-bagikan uang senilai Rp50 juta tanpa diundi kepada masyarakat. (Facebook)

Penjelasan:
Akun-akun Facebook mengatasnamakan pengacara Hotman Paris Hutapea yang diklaim bagi-bagi uang kepada masyarakat itu menambahkan tautan yang mengarah pada nomor WhatsApp.

Pengacara berusia 62 tahun itu lewat akun Instagram resminya, yaitu @hotmanparisofficial pada 22 Juni 2020 telah mengklarifikasi adanya akun-akun palsu di media sosial, termasuk di Facebook yang mencatut namanya dan mengumumkan bagi-bagi uang.

“Hotman tidak pernah buat pengumuman bagi-bagi uang di Facebook atau manapun!! Ini hoaks,” tulis Hotman pada akun Instagramnya.

Video singkat yang menampilkan Hotman Paris bersama selebritas Barbie Kumalsari sebagaimana tampak pada unggahan di Facebook itu juga dapat dilihat pada unggahan akun Instagram Barbie Kumalasari pada 6 November 2019.

Video itu menampilkan Hotman dan Barbie sebelum mengikuti program acara di sebuah stasiun televisi swasta dan tidak terkait dengan program bagi-bagi uang.

Dengan demikian, unggahan yang mengklaim Hotman Paris bagi-bagi uang tanpa diundi merupakan kabar menyesatkan atau hoaks.

Klaim: Hotman Paris bagi-bagi duit Rp50 juta tanpa diundi
Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Hoaks! Alfamart bagikan mobil dan belanja gratis

Baca juga: Hotman Paris berharap kasus oknum pejabat aniaya warga jangan terulang

Baca juga: Hotman Paris masih menangani nasib 3.000 karyawan Holywings

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Blake Lively istri Ryan Reynolds umumkan kehamilan anak keempatnya

Tim Piala Davis Indonesia ambil sisi positif usai kalah dari Polandia