in

Humas Bawaslu Sumbar Tingkatkan Kapasitas Tim Website dan Konten Kreator

PADEK.JAWAPOS.COM-Divisi Humas, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar menggelar rapat kerja teknis tim website dan konten kreator untuk meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan informasi pengawasan kepemiluan, Rabu (27/12/2023).

Rakernis di Kantor Bawaslu Sumbar di Jalan Pramuka Padang tersebut, dihadiri Kordiv Bawaslu Kabupaten dan Kota yang membidangi kehumasan dan staf humas dengan narasumber Direktur Padang Ekspres Online Padek.co Heri Sugiarto.

Pada kesempatan ini, Heri menyampaikan materi terkait jurnalistik, perencanaan liputan pemilu di Humas Bawaslu hingga struktur penulisan berita. Peserta juga diajak mempraktikkan penulisan berita secara berkelompok.

“Informasi kepemiluan terutama berkaitan upaya Bawaslu dalam melakukan pencegahan dan penanganan pelanggaran pemilu bisa menjadi berita menarik bagi pembaca. Apalagi bila disertai data yang lengkap seperti aturan UU, PKPU dan Peraturan Bawaslu yang bisa mengedukasi dan mengajak masyarakat terlibat melakukan pengawasan,” jelas Heri.

Wartawan Utama Padang Ekspres itu lebih lanjut menyampaikan bahwa
website Bawaslu Kabupaten dan Kota di Sumbar yang banyak tidak aktif perlu diaktifkan oleh Tim IT Bawaslu sehingga masyarakat mudah dalam mengakses informasi pengawasan pemilu. “Kemudian, harus ada staf Humas Bawaslu yang khusus mengupdate berita di website tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Sumbar Roza Molina menyampaikan bahwa tujuan rakernis ini untuk peningkatan kapasitas pengelolaan informasi di humas sehingga bisa membuat berita lebih menarik dan penting bagi publik.

“Nantinya berita-berita penting dan menarik terkait tugas dan fungsi pengawasan yang dilakukan Bawaslu bisa terinformasikan dengan baik ke publik,” katanya.

Menurutnya, Bawaslu sudah dua kali melaksanakan kegiatan serupa. Kegiatan pertama telah berlangsung pada 2 Desember 2023 lalu, khusus untuk tim website dan tim konten kreator.

“Ini adalah salah satu tugas koordinator divisi, yakni mengkoordinasikan pelaksanaan tugas hubungan masyarakat dan teman-teman Bawaslu di daerah yang paham dengan tugasnya masing-masing dalam memberikan informasi yang aktual dan akurat ke publik,” katanya.

Dalam peningkatan kapasitas ini, Bawaslu juga telah mengundang narasumber dari influencer hingga Diskominfotik yang sudah memiliki kerja sama untuk memproduksi konten-konten pengawasan.

“Nantinya kita minta bantu videotron Diskominfotik Provinsi untuk membantu tugas pengawasan pemilu. Ada tiga titik yang akan menayangkan konten pencegahan terkait pengawasan kampanye yang sedang berlangsung,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya videotron ini masyarakat mengetahui informasi terkait pengawasan pemilu secara langsung. Selain itu, tentu bisa juga membuka medsos ataupun website Bawaslu yang akan ditingkatkan lagi update kontennya.

“Dengan adanya media tersebut, tentu bisa memberi edukasi kepada masyarakat tentang pengawasan yang dilakukan di masa kampanye ini hingga pemilihan nanti,” pungkasnya.

Koordinator Divisi Humas, informasi dan Data Bawaslu Sumbar, Muhammad Khadafi meminta timnya di provinsi beserta Bawaslu Kabupaten dan Kota meningkatkan penyebaran berbagai informasi kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu secara cermat.

“Semua divisi, khususnya Humas, Informasi dan Data bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui website dan medsos milik lembaga serta perorangan, sekaitan dengan tahapan pemilu. Khususnya dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu, sehingga tercipta pemilu yang berkualitas dan bermartabat,” tegas Khadafi.

Dia juga meminta, agar menjalin hubungan harmonis dengan mitra, khususnya media massa sehingga penyiaran informasi berjalan baik dan masyarakat bisa teredukasi.

“Hubungan kemitraan dengan media massa khususnya dan kelompok masyarakat umumnya, harus tetap dijalin baik karena dalam pengawasan pemilu kita tidak bisa bekerja sendiri,” tambahnya.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, Media Scrabble di Pondok Asa Kreatif

24 Atlet Limapuluh Kota Borong Emas di Kejurda Atletik