in

HUT ke-7, Rakyat Sumbar Penuh Terobosan

Terus bergerak, gali semua potensi yang ada, bangun jejaring dan jangan cepat berpuas diri. Baca semua peluang yang ada, dekat dan bangun jembatan hati dengan publik. 

Pesan tersebut disampaikan Chief Executive Officer (CEO) Riau Pos Group (RPG) Makmur Kasim kepada pimpinan operasional dan karyawan Harian Umum Rakyat Sumbar (grup Padang Ekspres) yang kemarin (1/6) memasuki usia 7 tahun.

Makmur yakin dengan kesungguhan tim Rakyat Sumbar yang dalam usia masih terbilang muda ini mampu membuktikan eksistensi diri. “Rakyat Sumbar hadir sebagai alternatif media informasi yang terus bergerak dan menempatkan diri sejajar dengan media-media mapan di Sumbar hari ini. Semua, tentu tak terlepas dari semangat yang mereka gelorakan. Rakyat Sumbar tepat mengklaim sebagai koran literasi dan memberi ruang pada komunitas, dekat dengan pendidikan, itu sebuah terobosan hebat,” ujar Makmur.

Kekuatan sebuah koran, selain jejaring yang kuat, tentu ditopang tim yang solid. Di tengah serbuan medsos (media sosial), portal berita dan lainnya, Rakyat Sumbar bisa terus maju. “Sekali lagi, ini karena Rakyat Sumbar pandai membaca peluang dan ceruk yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Chief Operation Officer (COO) Padang Ekspres Group (PEG), Marah Suryanto juga mengapresiasi Rakyat Sumbar. Meski usia masih belia, ibarat seorang anak, Harian Umum Rakyat Sumbar baru duduk di kelas satu SD, namun eksistensinya di persaingan surat kabar lokal di Sumbar sudah mulai diperhitungkan. 

Mengambil segmen menengah, koran yang dulunya bernama Harian Rakyat Sumbar Utara ini menyasar hingga ke jorong-jorong di 19 kabupaten/kota di ranah Minang. Segmen yang masih jarang sekali disasar media lokal yang lebih dulu berkembang.

Keberanian mengeksplorasi dan melakukan terobosan menjadi kunci mengapa koran yang terbit 16 halaman ini mulai menyita perhatian publik. Selain fokus pada berita daerah, baru-baru ini Rakyat Sumbar kembali membuat terobosan yang tidak pernah dilakukan koran harian lain, yakni mengganti “wajah” pada edisi akhir pekan seperti tabloid.

Marah Suryanto yang juga Komisaris Utama Harian Rakyat Sumbar menyambut baik berbagai terobosan manajemen operasional Rakyat Sumbar. Baginya, keberanian dan terobosan itu hal utama menjadikan surat kabar tetap bertahan, serta bersaing dengan media online yang kini jumlahnya mencapai ratusan.

“Surat kabar akan terus bertahan jika manajemen dan wartawannya resah memikirkan apa lagi langkah, terobosan, serta hal baru yang akan dilakukan. Jika Rakyat Sumbar terus melakukan hal ini, tentunya akan menjadi pesaing utama bagi koran yang lebih dulu eksis,” sebut Marah Suryanto. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

QS. An Naazi´aat: 46

Lomba Nasyid Disambut Antusias