in

HUT Kota Padang di Gedung Baru DPRD, Hendri Septa Ungkap Capaian Pembangunan

PADEK.CO-Peringatan Hari Jadi ke-354 Kota Padang untuk pertama kalinya digelar di  gedung baru DPRD, Jalan Bagindo Aziz Chan Nomor 1, Senin (7/8/2023). Posisi gedung bersebelahan dengan Kompleks Perkantoran Balai Kota Padang Aiepacah. Sebelumnya berada di Jalan Sawahan.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, gedung yang dibangun sejak tahun 2021 lalu itu telah dapat digunakan untuk peringatan Hari Jadi Kota Padang tahun ini. Sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2011 tentang Pemindahan Pusat  Pemerintahan Kota Padang dari wilayah barat ke timur.

Dalam sidang Paripurna Istimewa DPRD dalam Rangka Peringatan Hari Jadi ke-354 Kota Padang ini, Hendri mengungkapkan banyak capaian pembangunan di Kota Padang.

“Alhamdulillah pelaksanaan program unggulan (progul) telah terlaksana dengan baik. Diperkirakan tahun ini akan terealisasi 97,03 persen. Pembangunan 500 ruang kelas baru (RKB) dan 6 koridor Trans Padang ditargetkan selesai tahun 2023,” ungkap Hendri Septa.

Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Syafrial Kani ini dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Sekko Padang Andree Algamar, Ketua TP-PKK Genny Hendri Septa, Ketua DWP Vanny Andree Algamar, Ketua GOW Arie Ekos Albar, unsur forkopimda, anggota DPRD Kota Padang, Anggota DPD dan DPR RI, serta para bupati dan wali kota se-Sumbar.

Pemerintah Kota Padang, kata Hendri, juga telah membangun ruang kreativitas dan inovasi generasi muda dalam mengembangkan bakat dan minatnya di 17 sub sektor ekonomi kreatif, yakni Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center.

“Alhamdulillah, gedung tersebut telah dimanfaatkan oleh generasi muda Kota Padang. Kami berharap dapat melahirkan generasi muda yang kreatif, inovatif sesuai dengan potensinya dan mampu menciptakan lapangan usaha baru,” jelas Hendri tampil mengenakan pakaian adat Minang.

Lebih lanjut dijelaskan Wako Hendri Septa, Pemerintah Kota Padang terus memacu pertumbuhan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi tahun 2020, dari -1,86 persen menjadi 4,33 persen tahun 2012. Ditargetkan pada 2023 meningkatjadi 4,53 persen.

Capaian lainnya, kata Hendri, Kota Padang juga telah mendapat penghargaan tingkat nasional dan daerah sebanyak 32.

Selain itu, Pemerintah Kota Padang juga memberikan penghargaan berupa Pin Emas kepada 11 tokoh masyarakat Kota Padang dari berbagai latar belakang.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

FIFA Sepakati Piala Dunia U-17 Digelar di Empat Stadion, Laga Pembuka di JIS

Pawai Telong-Telong Peringati Keberhasilan Warga Padang Serang Loji Belanda Tahun 1669