in

Idra Putri, Guru MTsN 1 Kota Padang, Raih Gelar Lomba Menulis Esai Nasional

REWARD: Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal menyerahkan penghargaan kepada Idra Putri, guru peraih gelar Harapan 1 lomba menulis Esai Tingkat Nasional.

MTsN 1 Kota Padang kembali mengukirkan prestasi di bidang pendidikan. Kali ini, penghargaan itu ditunjukan oleh Idra Putri, guru Bahasa Indonesia. Ini setelah Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTsN 1 Kota Padang tersebut sukses meraih Harapan 1 lomba menulis Esai tingkat nasional.

Informasi prestasi tersebut diumumkan panitia pelaksana secara virtual melalui zoom meeting, ID Rapat: 827 7784 3089 Passcode : 113592, Selasa, (15/11) dalam bahasa Inggris. Lomba adu kompetensi para Literat itu diselenggarakan oleh Program Studi S.3 Keguruan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Padang (UNP) pada (8/9)-(10/10).

Lomba tersebut digelar dalam rangka Hari Aksara Internasional, dengan tema “Mewujudkan Transformasi Ruang Belajar Literasi Melalui Pendidikan”, di mana Idra Putri menembus level nasional dengan tulisan esainya yang berjudul “Literasi Pembelajaran : Tantangan dan Pembiasaan”.

Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal, mengapresiasi prestasi yang diraih Idra Putri. Ia berharap, prestasi tersebut dapat memicu semangat menulis para pendidik khususnya guru madrasah yang ada di Provinsi Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya.

“Selamat untuk Idra Putri yang sudah berhasil meraih Harapan 1 pada lomba menulis esai tingkat nasional, pertahankan dan tingkatkan terus prestasi yang sudah didapatkan, sebagai motivasi bagi guru yang lain, sekaligus mengangkat marwah madrasah agar terus melambung di kancah nasional dan internasional,” ungkap Isrizal dengan bangga.

“Sungguh ini sebuah prestasi hebat, spaktakuler dan telah menjawab tantangan para pendidik dalam penyajian pembelajaran di era digitalisasi dan transformasi” sambung Isrizal.

Atas prestasi itu, Idra Putri, mengungkapkan rasa syukur, haru dan bangganya atas prestasi yang Ia raih. “Prestasi ini diraih tidak terlepas dari dorongan internal dan eksternal dengan dorongan inspirasi yang kuat,” ujar Idra.

Saat ditanya tentang kiat sukses menulis hingga tembus kancah nasional, Idra menjelaskan bahwa menulis merupakan soal kemauan yang perlu dibiasakan dan harusnya dijadikan kebiasaan. Kalau sudah ada kemauan, maka seseorang pasti akan berusaha melakukannya.

“Dengan menulis kemampuan berpikir kita akan terasah menjadi lebih baik. Dengan menulis di media cetak, media online dan blog bisa melatih kita menjadi terbiasa, tentunya sering membaca referensi dan tulisan orang hebat lainnya,” kata Idra Putri.

Harapan Idra, ke depannya tulisan-tulisan yang sudah dihasilkan bisa menjadi inspirasi bagi semua pembaca. Alam takambang jadi guru. “Apapun bisa kita jadikan pelajaran. Semoga tulisan berikut lebih baik lagi dan bisa berkompetesi di tingkat atas,” harapnya.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Buka Munas HIMPI, Presiden Minta Pengusaha Bangun Kepercayaan

Ribuan KK Tedampak Banjir Longsor, Kerugian Miliaran Rupiah