in

Imbas Sosmed, Pondok Pesantren MTI Batang Kabung Gelar Deklarasi Kebangsaan

PADEK.CO–Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islam (PPMTI) Batang Kabung, Kototangah, Kota Padang, melaksanakan deklarasi kebangsaan tentang penguatan moderasi beragama di pesantren wilayah Sumbar.

Koordinator Jaringan Penggerak Moderasi Beragama (JPMB) Wilayah Sumbar, M Hafiz Al Habsy menjelaskan, deklarasi kebangsaan ini bertujuan untuk menjaga kebersamaan dan persatuan.

“Kebersamaan dan persatuan pada saat ini perlu diingatkan pada generasi penerus bangsa. Hal ini dikarenakan pengaruh lingkungan mendominasi pembentukan akhlak generasi bangsa,” ujar Hafiz Al Habsy, Minggu (26/11).

Hafiz Al Habsy menambahkan, pada zaman perjuangan dahulu, penerus bangsa berusaha memperjuangkan bangsa dan menciptakan kebersamaan dan persatuan. Sehingga, pada masa penjajahan tersebut, di Sumatera Barat banyak tokoh – tokoh nasional yang lahir.

Hafiz Al Habsy merasa gamang, karena adanya sosial media (sosmed) menyebabkan terjadinya perubahan akhlak yang begitu cepat pada masyarakat.

“Kita lihat sendiri, dengan sosial media, banyak yang terpengaruh. Dengan adanya kegiatan penguatan moderasi beragama di harapkan dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat khususnya siswa pesantren tentang pembentukan jiwa nasionalisme,” paparnya.

Oleh karena itu, kader-kader dari santri diharapkan dapat mengemban cita-cita leluhur bangsa.

Sementara, Staf Ahli Bidang Pembangunan Erinaldi yang menjadi narasumber kegiatan tersebut menjelaskan pendirian negara Indonesia dibangun oleh tokoh-tokoh agama.

“Dasar bernegara adalah Pancasila yang di implementasikan dalam UUD 1945. Apalagi negara ini dibangun oleh tokoh-tokoh agama. Dengan moderasi beragama ini diharapkan moderasi beragama sebagai salah satu program nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN),” ujarnya. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Menjaga Cagar Budaya di Limapuluh Kota

Lounching Logo Asiatur Umroh, PT Asia Andalas Wisata Kantongi Izin PPIU Kemenag RI