in

INDAHNYA, Menikmati Pesona Biru Samudera Hindia di Puncak Gunung Geurutee

PROHABA.CO — Daerah Aceh memang dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah. Baik di dataran tinggi maupun pesisir, keduanya memberikan pemandangan yang begitu memanjakan mata.

Untuk bisa menyaksikan pesona alam pegunungan atau lautan, biasanya orang akan mengambil pilihan untuk mengunjungi salah satunya. Namun berbeda jika Anda mengunjungi Puncak Geurutee, Anda bisa menyaksikan panorama keduanya secara bersamaan.

Ya, Puncak Gunung Geurutee merupakan salah satu destinasi wisata Aceh yang cukup favorit. Lokasinya terletak di perbatasan antara Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar, tepatnya berada di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Destinasi Puncak Gunung Geurutee sebenarnya merupakan lintasan jalan nasional menuju kawasan barat selatan Aceh. Namun karena keindahannya, daerah ini kemudian dijadikan sebagai tempat wisata dan selalu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Untuk namanya, diambil dari nama gunung di lokasi tersebut, yaitu Gunung Geurutee.

Ada banyak hal yang bisa dinikmati dari lokasi wisata ini, baik bagi pengunjung yang singgah maupun hanya sekedar melewatinya.

Sebagai destinasi yang berada di wilayah puncak, wisata ini tentunya menyuguhkan suasana khas pegunungan dengan hijaunya hutan alam dan udara yang sejuk. Kesejukan ini bisa dirasakan mulai saat menaiki pegunungan Geurutee hingga berada di puncaknya.

Sebagai informasi, sebelum sampai di puncak Gunung Geurutee, para pengunjung yang bergerak dari Kota Banda Aceh harus melewati dua pegunungan, yaitu Gunung Paro dan Gunung Kulu yang berada di Kecamatan Lhong, Aceh Besar.

Gunung Geurutee, Gunung Kulu, dan Gunung Paro, ketiganya merupakan bagian penting dari hutan Ulu Masen yang dinobatkan sebagai salah satu hutan penyuplai oksigen untuk Aceh, Indonesia, hingga dunia. Jadi kebayang bukan bagaimana sejuk dan bersihnya Udara di kawasan ini?

Baik bagi pengendara maupun pengunjung yang dating di destinasi ini perlu berhati-hati. Selain karena jalan yang sempit dan juga berkelok, kawasan ini juga memiliki jurang yang sangat dalam. Namun jurang tersebut berbatasan langsung dengan bibir pantai Samudera Hindia. Sehingga dari atas puncak Gunung Geurutee, pengunjung bisa langsung menikmati hamparan pasir putih nan bersih dan lautan luas dengan air berwarna biru. Ditambah lagi gugusan pulau-pulau kecil yang tampak hijau dari kejauhan, semakin membuat mata enggan untuk berpaling.

Tak hanya dimanjakan dengan pemandangannya yang indah, di lokasi wisata ini pengunjung juga bisa menemukan satwa hingga berinteraksi dengan mereka. Ialah Siamang, kera hitam berlengan panjang yang hidup di pohon-pohon sekitar tempat wisata. Biasanya mereka ditemukan bergelantungan di pinggir jalan atau di warung-warung sekitar lokasi. Kera ini dikenal jinak dan tidak mengganggu, sehingga banyak pengunjung yang sering membawakan makanan untuk diberikan satwa ini.

Selain Siamang, juga terdapat monyet yang menjadi penunggu di sepanjang jalan lintasan di kawasan Gunung Geurutee. Kehadiran monyet-monyet ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Meski hidup di alam lepas dan liar, namun monyet di kawasan ini sudah terbiasa berinteraksi dengan wisatawan yang berkunjung setiap hari. Sehingga pengunjung tak perlu takut untuk memberikan sedikit makanan kepada mereka.

Di Puncak Gunung Geurutee, pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner yang dijajakan para pedagang di warung-warung mereka. Warung-warung ini berdiri berjejer di sepanjang jalur lintasan Kawasan Puncak Geurutee dengan keunikan desain tersendiri. Para pengunjung yang singgah di warung tersebut bisa memilih duduk dengan view pemandangan laut dan pantai, atau menghadap gunung sambil mencicipi hidangan mulai dari kopi, es kelapa muda, hingga mi khas Aceh.

Dengan semua keindahan dan kenikmatan itu, tak heran jika Puncak Geurutee menjadi objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung, khususnya pada akhir pekan. Bahkan jika libur panjang, petugas dari Kepolisian sampai terjun ke lokasi untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan ini agar tertib dan mencegah kemacetan panjang.

Nah bagi yang tertarik mengunjungi lokasi wisata Puncak Geurutee di Aceh Jaya, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 71 KM dari Kota Banda Aceh dengan waktu tempuh kurang dari 2 jam untuk kondisi arus lalu lintas normal. Jika ingin suasana yang lebih tenang, Anda bisa memilih mengunjunginya pada hari efektif. Selain pengunjung yang tidak terlalu padat, pada hari-hari efektif jumlah kendaraan juga cenderung sedikit sehingga arus lalu lintas di kawasan puncak lebih lancar. (Yeni Hardika)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Saksikan Laga Perdana Piala Presiden 2024, Presiden Jokowi: Makin Banyak Kompetisi, Makin Baik

How to Claim an Online Casino No…