in

Indonesia Perkuat Kerja Sama Antarnegara Cegah Kasus Impor Covid-19

JAKARTA, METRO–Kasus impor Covid-19 menjadi masalah hampir di setiap negara. Karena itu cara mencegahnya adalah dengan memperketat pintu masuk internasional. Pe­me­rintah Indonesia me­lalui Kementerian Luar Ne­geri bekerja sama dengan ke­men­terian/lembaga lain­nya serta pemerintah Si­nga­pura sedang mela­ku­kan pem­bahasan me­nge­nai Vaccinated Travel Lane (VTL) .

Dan tidak menutup ke­mung­kinan adanya kerja sama yang dibangun de­ngan negara lainnya de­ngan tetap mem­pertim­bangkan berbagai hal. Sa­lah satunya dengan syarat sertifikat vaksin.

“Seperti kondisi kasus dan juga aspek sosial-eko­nomi antarnegara,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito secara daring baru-baru ini.

Kerja sama yang dila­kukan pemerintah seperti mutual recognition agreement (MTA) yang terkait dengan pengakuan serti­fikat vaksin dan juga ben­tuk kerjasama lainnya. Se­perti travel corridor ar­range­ment (TCA) dan VTL merupakan upaya pemu­lihan aktivitas masyarakat dengan tetap bertumpu pada kesepakatan atas standar protokol kese­ha­tan yang jelas dan tran­sparan.

“Sehingga peluang im­portasi kasus dapat diantis­i­pasi dengan baik,” kata Prof Wiku.

Di samping itu, hingga 1 November 2021 terdapat 40 dosis vaksin Covid-19 di daerah dan setidaknya sudah 241 juta dosis vaksin di seluruh daerah di tanah air. Jumlah stok ini cukup untuk kebutuhan pelak­sanaan vaksinasi dalam satu bulan ke depan.

Karena laju vaksinasi di Indonesia saat ini men­capai 50 juta dosis dalam 5 minggu. Tingkat inflasi Ok­tober 2021 tetap terkendali dari aspek ekonomi dan stabil. Hal ini terjadi seiring dengan penurunan level PPKM di seluruh daerah.

“Oleh karena itu ma­sya­rakat diminta untuk dapat konsisten men­jalan­kan protokol kesehatan selama menjalankan akti­vitas sehingga ekonomi di tingkat mikro dan makro dapat terus pulih dan tum­buh pesat ke depannya,” kata Prof Wiku. (jpg)

What do you think?

Written by virgo

Ingin Wajah Cerah? Stop Coba Banyak Produk, Pilih yang Minimalis Saja

“Eternals” tayang di Indonesia 10 November 2021