in

Indonesia vs Kirgistan, Modal Krusial Menuju Babak Berikutnya

REBUT POIN PENUH: Penyerang timnas Indonesia U-24 Ramai
Rumakiek (kiri) usai mencetak gol ke gawang Kirgistan laga perdana fase grup F Asian Games 2022
Hangzhou, kemarin.(IST)

Tim nasional Indonesia tidak memiliki persiapan ideal untuk mengarungi Asian Games 2022 Hangzhou. Pertama, saat pemusatan latihan digelar untuk kali pertama pada 7 September lalu, tidak semua pemain hadir.

Sebagian pemain masih membela timnas U-23 pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Qatar. Lalu, sebagian pemain lain masih memperkuat klub. Persiapan tidak ideal itu diperparah dengan tidak dilepasnya Ramadhan Sananta oleh Persis Solo. Sananta awalnya diizinkan memperkuat timnas.

Namun, Laskar Sambernyawa -julukan Persis- akhirnya mengubah keputusan pada H-2 jelang dimulainya laga perdana Indonesia di pentas Asian Games. Keputusan diambil karena Persis sedang kekurangan penyerang.

Meski dihadapkan dengan berbagai macam persoalan, Indonesia mampu melewati laga perdana fase grup F Asian Games 2022 Hangzhou dengan kemenangan. Tiga poin perdana didapat setelah Indonesia menang 2-0 atas Kirgistan di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, tadi malam (19/9).

Dalam laga tersebut, gol pertama Indonesia dicetak pemain yang kini berlaga di Liga 2 bersama Persipura Jayapura Ramai Rumakiek pada menit ke-58. Lalu, gol kedua Indonesia dicetak pemain debutan di timnas U-24 Hugo Samir (90+2).

Hugo tidak dapat menutupi kegembiraan usai menciptakan gol ke gawang Kirgistan. Apalagi, proses terjadinya gol sangat baik. Hugo melewati pemain belakang lawan. Lalu, dalam situasi diadang kiper tim lawan, putra Jacksen F Tiago itu mampu melepaskan shoot terukur ke dalam gawang.

“Perasaan saya sangat senang. Ini gol debut saya untuk negara saya. Dan, gol pertama di turnamen profesional,” tutur pemain Borneo FC Samarinda itu kepada Jawa Pos (kepada Padang Ekspres) setelah pertandingan.

“Ini gol yang luar biasa istimewa. Gol ini saya persembahkan untuk mama, papa, dan adik saya Diego,” imbuh Hugo.

Tapi, Hugo tidak mau cepat berpuas diri. Perjuangan belum tuntas. Masih ada dua pertandingan lagi di fase penyisihan. “Tentu saya akan tetap bekerja keras. Saya akan terus berjuang untuk negara ini,” tegasnya.

Indra Sjafri, pelatih timnas Indonesia, menilai kemenangan atas Kirgistan sangat penting. Menurutnya, dalam sebuah turnamen atau kejuaraan, kemenangan pada laga perdana dapat menentukan langkah berikutnya.

“Alhamdulillah, kami bisa memenangkan pertandingan perdana. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pemain yang sudah berjuang hari ini (kemarin, red). Tiga poin ini menjadi modal bagi kami untuk melangkah ke fase berikutnya,” ucap pelatih asal Sumatera Barat itu.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi tiga poin perdana timnas di pentas Asian Games 2022 Hangzhou. Menteri BUMN itu meminta para pemain untuk tetap fokus. “Kita harus tetap fokus sampai pertandingan terakhir. Mari rebut tiket 16 besar,” ujar mantan presiden klub Inter Milan tersebut.

Setelah Kirgistas, Indonesia akan bertemu Taiwan. Persiapan Indonesia untuk menghadapi laga kedua fase grup F itu tidak banyak. Pertandingan tersebut akan dimainkan besok sore pukul 15.00 WIB di tempat yang sama. (fiq/ali/jpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

575 PNS Pemko Padang Terima SK Kenaikan Pangkat

Jokowi: Masak (Prabowo) Nyekik (Wamentan), Tidak Ada Itu