in

Informatika Unand Terima Mahasiswa Baru

Ahmad Syafruddin

Program Studi Informatika Unand berdiri pada tanggal 31 Maret 2022 berdasarkan SK Rektor: 328/KPT/R/PTN-BH/Unand/2022. Saat ini Prodi Informatika sudah terkareditasi BAN-PT. Kehadiran Prodi Informatika ini melengkapi prodi yang sudah ada di FTI Unand, yaitu Teknik Komputer dan Sistem Informasi.

“Tahun ajaran 2022/2023 ini, Prodi Infromatika Fakultas Teknologi Unand menerima mahasiswa baru melalui jalur SIMA Unand. Informasi lengkap tentang pendaftaran di SIMA Unand dapat diklik pada tautan: https://pmb.unand.ac.id/ dan untuk registrasi akun pendaftaran SIMA UNAND dapat dilakukan di laman: https://pmbm.unand.ac.id/,” ujar Dekan Fakultas Teknologi Informatika (FTI) Dr Ahmad Syafruddin di Padang, kemarin.

Menurut dia, lulusan Prodi Informatika dapat menjadi perekayasa perangkat lunak, pengembang kecerdasan buatan, perekayasa jaringan dan komputasi bergerak, serta profesional di bidang informatika.

“Perekayasa perangkat lunak mampu menyelesaikan permasalahan sistem cerdas, terutama di bidang kesehatan menggunakan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri. Sedangkan pengembang kecerdasan buatan mampu menganalisis, merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi untuk memenuhi serangkaian persyaratan komputasi sistem cerdas di bidang kesehatan,” ujar Ahmad.

Sedangkan perekayasa jaringan dan komputasi bergerak, menurut Ahmad, mampu menyelesaikan permasalahan teknis yang berhubungan dengan komunikasi data dan keamanan data dalam berbagai platform teknologi informasi. Untuk profesional di bidang informatika nantinya lulusan mampu menjadi peneliti atau technopreuner di bidang Informatika

“Soal peluang kerja lulusan Prodi Informatika, bisa menjadi software engineer mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai macam industri. Lalu, system analyst & system integrator, melakukan analisis sistem dalam sebuah organisasi atau perusahaan dan untuk menyediakan perangkat lunak berbasis komputer,” ujar Ahmad.

Berikutnya, konsultan IT terpadu untuk merencanakan dan mengevaluasi Teknologi Informasi. Lalu, database engineer/database administrator untuk merencanakan dan memelihara database (termasuk data warehouse). Juga, web engineer/web administrator untuk merencanakan, mengembangkan, dan memelihara website.

“Lulusan kita juga bisa menjadi computer network/ data communication engineer, merancang arsitektur jaringan komputer, termasuk perawatan dan manajemennya di perusahaan atau organisasi. Lalu, programmer, baik sebagai programmer sistem atau pengembang aplikasi, posisi ini memiliki permintaan yang tinggi dalam berbagai bidang seiring dengan berkembangnya teknologi,” tuturnya.

Dia menambahkan, lulusan juga bisa menjadi software rester, untuk mengevaluasi dan memastikan bahwa perangkat lunak berjalan dengan benar sesuai dengan yang ditentukan. Serta, data scientist, posisi ini sebuah pekerjaan baru yang sangat dibutuhkan di semua bidang untuk menganalisis data besar untuk industri atau perusahaan. (cr4)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ada Yang Baru di Pessel, 6 Spot Wisata Jadi Buruan Traveler! Cek Lokasinya

Situasi geopolitik tercermin dalam serial “Money Heist” versi Korea