in

Ingin Tahu Kapan Perkiraan Berangkat Haji? Bisa Cek lewat Aplikasi Pusaka

Tingginya animo masyarakat berhaji menyebabkan mereka harus menunggu giliran berangkat ke Tanah Suci, Mekkah. Lama antrean beragam, hingga puluhan tahun lamanya.

Calon jamaah yang sudah mendaftar haji lebih dari lima juta. Sementara kuota haji Indonesia, jika dalam kondisi normal, selama ini pada kisaran 211 ribu.

Hal ini, misalnya, terjadi pada penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M. Sementara kuota pada musim haji 1443 H/2022 M, hanya sekitar 100 ribu. Sebab, saat itu penyelenggaraan ibadah haji masih dalam suasana pandemi.

Lantas, bagaimana jamaah bisa mengetahui perkiraan atau estimasi keberangkatannya?

Untuk memudahkan jamaah, Kemenag telah menghadirkan sebuah aplikasi layanan bernama Pusaka. Seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, aplikasi yang dirilis Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 20 November 2022, sekarang bisa diunduh melalui Google Play (android) dan App Store (iOS).

Aplikasi ini hadir dalam bentuk logo serupa gunungan dengan warna perpaduan antara ungu dan biru langit, serta dengan latar belakang warna putih dan tulisan ‘Pusaka’. Saat mengunduh pastikan memilih logo yang benar.

Selanjutnya, untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji, jemaah dapat melakukan sejumlah langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pusaka

2. Pilih menu “Islam”

3. Lihat menu “Layanan Haji & Umrah” lalu pilih menu “Estimasi Keberangkatan”

4. Masukan Nomor Porsi pada kolom yang tersedia, lalu tekan “Cari Nomor Porsi”.

Nomor porsi dapat dilihat dalam berkas pendaftaran yang diterbitkan oleh Kankemenag Kab/Kota pada saat jemaah mendaftar. No porsi berupa rangkaian 10 angka. Sehingga, saat melakukan pengecekan, jamaah harus memastikan angka yang dimasukkan memang no porsi, bukan lainnya.

5. Pada tahap akhir pengecekan, akan muncul data Estimasi Keberangkatan yang mencakup informasi sebagai berikut:

Nomor Porsi:

Nama:

Kabupaten/Kota:

Provinsi:

Posisi porsi pada kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus:

Kuota Provinsi/Kab/Kota/Khusus:

Perkiraan Berangkat Tahun Masehi:

Perkiraan Berangkat Tahun Hijriyah:

Bertepatan peringatan Hari Guru Nasional 2022 (25/11) lalu telah diluncurkan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Pusaka Super Apps yang merupakan wujud keseriusan dari Menteri Agama dalam langkah menuju transformasi digital pada Kementerian Agama.

Menurut Yaqut Cholil Qoumas, Aplikasi ini dihadirkan, untuk memberi kemudahan masyarakat dalam mengakses beragam layanan Kementerian Agama.

Dalam aplikasi ini, antara lain terdapat fitur pendidikan. Ada video pembelajaran, daftar lembaga pendidikan, sekaligus juga ada akses terhadap layanan simpatika. Beragam informasi seputar program afirmasi guru juga akan terus disajikan melalui aplikasi Pusaka ini, baik berupa bantuan, beasiswa, serta pendidikan dan pelatihan.

Ada juga layanan online pendaftaran haji, pendaftaran nikah, dan sertifikasi halal. Beragam informasi keagamaan disajikan, mulai doa, khutbah keagamaan, tempat ibadah, termasuk juga para penceramah.(kmn/rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Penyerahan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur, di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, 8 Desember 2022

9 Tewas, 11 Pekerja Berhasil Dievakuasi dari Lubang Tambang Batubara Sawahlunto