in

Iqbal Wiranda Siap Orbitkan Album Perdana

Ajang Gelegar Musik Talent (GMT) II yang dihelat di Solok, beberapa waktu lalu, menjadi berkah bagi Iqbal Wiranda, 12. Penyanyi cilik asal Alahanpanjang, Lembahgumanti, Kabupaten Solok itu, mendapatkan kesempatan untuk mengorbitkan album perdananya bersama Berlian Record.

Dalam album perdana berisi 10 lagu ini, sedianya diperbanyak dan dipasarkan petengahan Februari 2017 ini. Selain diciptakan saudara sepupunya, Fadli Gumanti, juga ada karya artis Minang senior seperti Wanparau. Di antaranya berjudul “Nasib Mandeh”,  “Mari Manuntuik Ilmu” dan”Ayah Bajalan”. 

Kepada Padang Ekspres, Iqbal menuturkan, kemampuan bernyanyinya sudah muncul sejak kecil. Guna mengasah kemampuannya, Iqbal kerap menghibur dalam pesta perkawinan, plus memenuhi sejumlah undangan.

Iqbal mengaku beruntung memiliki ayah yang selalu men-support-nya. Salah satu bentuk dukungannya, sang ayah sering membelikannya kaset lagu Minang. Dari sanalah, Iqbal belajar mengasah kemampuannya.

“Ayah juga mendorong Iqbal untuk bisa bernyanyi. Sehingga, Iqbal ingin sekali menjadi penyanyi profesional dan mengeluarkan album sendiri,” ucapnya.

Nah, ternyata keinginan Iqbal ini mulai menemukan titik terang setelah menghadiri Gelegar Musik Talent (GMT) II yang dihelat di Solok, beberapa waktu. Iqbal yang dalam kesempatan itu hanya menemani kakaknya untuk mengikuti audisi, diperkenalkan ayahnya kepada dewan juri dan produser di akhir perlombaan. 

Kesempatan itu tidak disia-siakannya. Iqbal diminta bernyanyi guna melihat potensi dan suara khas yang dimilikinya. Akhirnya, dia ditawari untuk mengorbitkan album perdana diperkuat dengan sejumlah lagu miliknya.

“Ayah memperkenalkan Iqbal dengan Pak Be (produser) dan meminta Iqbal bernyanyi. Alhamdullah, Iqbal diterima dan ditawari untuk dibantu mengeluarkan album,” ucap bocah kelahiran 11 Mei 2004 sembari tersenyum.

Saat ini, album perdana Iqbal segera diperbanyak dan diedarkan. Serangkaian proses rekaman dan pembuatan video klip pun sudah usai. Selama proses itu, Iqbal selalu didampingi sang ayah.  “Di samping persiapan launching album itu, kini Iqbal tetap bersekolah seperti biasa,” ucap  siswa kelas VI SDN 01 Alahanpanjang itu.

Putra dari pasangan Ramda Noferizal dan Dewi Sumarni itu, berharap kehadirannya di blantika musik Minang bisa menambah warna tersendiri.  “Semoga album Iqbal diterima di pasaran nanti. Namun apapun yang terjadi, Iqbal bakal tetap berlatih nyanyi,” harap Bungsu dari dua bersaudara itu. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Padek Terima Penghargaan IPMA dan IYRA

QS. Al Israa’: 61