in

Irwandi: Rakyat Aceh Harus Sadar Bencana

ACEHTREND.CO, Jantho – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengingatkan masyarakat agar selalu waspada bencana. Hal ini disampaikan Irwandi Yusuf usai memperingati 13 tahun musibah gempa dan tsunami Aceh di Leupung Aceh Besar.

“Momentum ini agar masyarakat kita selalu siaga tidak lupa dengan musibah yang telah terjadi dan kedepannya kita siaga dengan bencana,” kata Irwadi Yusuf, Selasa (26/12/2017).

Irwandi menjelaskan untuk memastikan agar masyarakat terus diingatkan dengan bencana. Kedepan, kata dia, perlu diedarkan buku-buku dan perlu masukan muatan lokal yang diedarkan di sekolah tentang bencana tsunami agar generasi kedepan tidak lupa.

“Kita pernah mengalami tsunami tapi karena tidak pernah direkord dan tidak ada tercatat dalam sejarah maka akan cuman sedikit yang tahu,” ujar Irwandi Yusuf.

Irwandi menambahkan untuk mitigasi bencana, ada bencana yang bisa dicegah yaitu banjir, sementara tsunami tidak. menurutnya banjir dapat dilakukan pencegahan dengan tidak merusak lingkungan namun kata dia perlu didukung oleh semua pihak.

“Tapi saya hanya sendiri mengkampanyekan itu, harusnya wartawan juga ikut mengkampanyekan apa yang saya suarakan itu,” ujarnya.

Menurut Irwandi sudah semenjak tahun 2017 dia menyuarakan untuk menyelamatkan alam, dan melakukan moratorium ilegal logging, namun hal itu tidak ada yang berhenti.

“Untuk saat ini jika turun hujan pasti banjir karena yang menahan air hujan sudah kita gunduli, tidak ada yang bisa menahan itu, kalaupun kita tanam sekarang perlu kita tunggu beberapa tahun kemudian,” ujarnya.

Komentar

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ustad Abdul Somad Lage Lintoe Baroe

Dari Bali Menuju Semarang