in

Jadi PNS Bukan Ukuran Sukses

Tak dipungkiri, saat ini para sarjana beranggapan orang yang sukses adalah menjadi PNS. Padahal, peluang usaha dengan berwirausaha jauh lebih memberikan dampak ekonomi. 

“Karena itulah semua jurusan yang ada di Universitas Dharma Andalas mengadakan mata kuliah wajib yaitu kewirausahaan,” ujar Sari Octavera dosen manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unidha, disela-sela acara seminar kewirausahaan yang gelar, Jumat (30/12).

Dia mangatakan, untuk menambah pengetahuan para mahasiswa dalam kewirausahaan pihak kampus juga mendatangkan pakar ekonomi dan bisnis yang gunanya untuk sharing  dengan mahasiwa. Kegiatan praktik kewi  rausahaan sudah berjalan lebih dari empat tahun.

Banyaknya lulusan perguruan tinggi yang mengangur karena berpikir  setelah wisuda dapat jadi PNS. Padahal berwirausaha bisa membuat orang menjadi sukses.

Dia menuturkan kampus hanya sebatas belajar teori saja. Kalau tidak ada praktiknya tidak akan berjalan maksimal.  “Jika mahasiswa punya ide yang bagus, bisa didanai oleh jurusan dan ada juga mencari dana ketempat lain melalui proposal yang mereka buat,” katanya.

Mata kuliah kewirausahaan dipelajari selama satu semester. Setelah mereka melakukan praktik lapangan. Seminar kewirausahaan yang mengangkat tema mindset wirausaha dan dunia kerja. Mengundang pembicara Jalaluddin dari LPMP Sumatera Selatan dan Khairani, Direktur Yajikha Center Padang. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Xiaomi Mi 6 dirilis Februari

Mengkritik Penolakan Moratorium UN