in

Jaga Pasokan Pangan, Kerja Sama Dengan 3 Kabupaten

KERJA SAMA: Wako Hendri Septa dan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin usai penandatanganan kesepakatan bersama, kemarin.(IST)

Pemerintah Kota (Pemko) Padang menjalin kerja sama antar daerah dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota, Tanahdatar dan Agam di bidang Pertanian, Perdagangan, Perikanan dan Pangan.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Wali Kota Padang Hendri Septa dengan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin, Wakil Bupati Tanahdatar Richi Aprian, Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti, di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Rabu (18/10).

Wako Hendri Septa mengatakan, perjanjian kerja sama antar daerah ini merupakan wujud keseriusan Pemko Padang dalam menjaga ketersediaan bahan pokok serta pasokan bahan pangan untuk masyarakat Kota Padang.

“Terus terang kami keterbatasan lahan pertanian. Kami sangat butuh pasokan bahan pangan dari daerah tetangga untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga di pasar,” ucap Wako.

Selain menjaga pasokan bahan pangan serta stabilitas harga, kerja sama ini juga dimaksudkan dalam rangka menjaga angka inflasi tetap terkendali di Kota Padang. Tercatat, September 2023 secara year on year angka inflasi Kota Padang sebesar 1,93 persen, jauh di bawah rata-rata nasional yaitu 2,28 persen.

“Kami sangat berharap dengan adanya kerja sama antar daerah ini dapat mengatasi ketersediaan bahan pangan yang sering memicu inflasi seperti beras, bawang, cabai, dan lainnya,” pungkas Wako Hendri Septa.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang dengan OPD Pemkab Limapuluh Kota, Tanahdatar dan Kabupaten Agam. OPD tersebut yakni, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan serta Dinas Perikanan dan Pangan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Endang Kurnia Saputra, Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, serta pimpinan OPD terkait di empat pemerintahan daerah tersebut. (eri)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mandi Selepas Aktivitas saat Cuaca Panas, Kenikmatan dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Generasi Online dan Perubahan Gaya Belanja