in

Juri Ballon d’Or 2023 Ungkap Alasan Pilih Messi, Haaland, Mbappe, Rodri & Kvaratskhelia

Lionel Messi dan Aitana Bonmatí membawa pulang penghargaan Ballon d’Or 2023 pria dan wanita. (Foto: X @ballondor)

PADEK.JAWAPOS.COM-Juri asal Italia di Ballon d’Or 2023, Paolo Condo menjelaskan mengapa dia memilih Lionel Messi dan Khvicha Kvaratskhelia daripada rekan setimnya di Napoli Victor Osimhen dan bintang Real Madrid Jude Bellingham.

Condo, 64, adalah salah seorang jurnalis paling berpengalaman dan terkenal di Italia. Dia sudah lama bekerja sebagai reporter untuk La Gazzetta dello Sport, dan sekarang menjadi pakar untuk La Repubblica dan Sky Sport Italia.

Dia menjadi salah satu juri Ballon d’Or 2023 yang diikuti 100 jurnalis dari 100 negara peringkat teratas FIFA.

Dalam artikel terbitan La Repubblica yang dikutip Football Italia, Condo menjelaskan formula baru penilaian. Juri Ballon d’Or harus menilai pemain musim lalu, bukan tahun lalu. Artinya, hanya pertandingan yang dimainkan pada 2022-2023 yang dihitung untuk edisi 2023.

Kemudian, setiap juri dapat memilih masing-masing lima pemain. Pilihan pertama akan mendapatkan enam poin, yang kedua empat poin, dan kemudian tiga, dua dan satu untuk tiga pemain terakhir yang disebutkan.

Condo memberikan alasan kenapa dia memilih Messi, Erling Haaland, Kylian Mbappe, Rodri dan Kvaratskhelia. “Pertama-tama, Messi, karena Piala Dunia di atas segalanya. Kedua, Haaland karena dengan kemampuan finishingnya yang luar biasa, ia membawa Manchester City meraih treble, termasuk Liga Champions. Mbappe menyelesaikan podium saya. Ia mengungguli Haaland dari segi estetika, namun ia masih belum menemukan klub yang bisa membawanya meraih hasil terbaik,” bebernya.

Lebih lanjut, Condo menyatakan bahwa Jude Bellingham tidak termasuk dalam pilihannya. “Awal musimnya yang luar biasa di Real Madrid adalah bagian dari materi yang akan dipelajari untuk edisi musim depan (dan pemain Inggris itu akan disertakan),” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, pada hari itu Jude Bellingham menjadi orang Inggris pertama yang memenangkan Piala Ballon d’Or Kopa. Dia diakui sebagai pemain di bawah 21 tahun dengan performa terbaik di dunia pada upacara Ballon d’Or 2023 di Paris.

Bellingham memenangkan trofi edisi kelima. Tropi yang namanya diambil dari nama legenda Madrid dan pemenang Ballon d’Or Raymond Kopa.

Pemain berusia 20 tahun tersebut telah menjadi pencetak gol vital bagi pasukan Carlo Ancelotti dengan 13 gol dalam 13 pertandingan, dan meraih trofi sebagai pemain muda terbaik sepak bola Eropa di Paris pada upacara Ballon d’Or.

Sementara itu, dua pilihan terakhir Condo adalah Rodri dan Kvara. Rodri yang menurutnya adalah produk hebat lainnya dari Guardiola. Gelandang tengah berbakat secara teknis yang menjadi titik keseimbangan di Manchester City berkat pelatih Catalan tersebut.

“Napoli, bersama Arsenal, adalah klub paling menarik di Eropa sejak lama pada musim lalu, dan saya memilih Kvara dibandingkan Osimhen –yang sama-sama pantas mendapatkannya–karena statusnya yang hampir tidak diketahui naik secara tiba-tiba menjadi kandidat Ballon d’Or,” katanya.(fit)

Daftar Peraih Penghargaan:

  • Lionel Messi – Ballon d’Or Putra
  • Aitana Bonmatí – Ballon d’Or Wanita
  • Vinícius Júnior – Piala Socrates
  • Erling Haaland – Trofi Gerd Müller
  • Jude Bellingham – Piala Kopa
  • Manchester City  – Klub Terbaik Tahun Ini
  • Emiliano Martínez – Piala Yashin
  • FC Barcelona – Klub Wanita Terbaik Tahun Ini

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dukung Program Dapur Masuk Sekolah, SKK Migas – KKKS Sumsel Berikan Bantuan ke Kodam II Sriwijaya

Daftar Daerah di Sumbar yang Berpotensi Hujan Sedang-Lebat Hari Ini