in

Kabupaten OKU Selatan vaksinasi hewan ternak antisipasi PMK

Muaradua (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan memberikan vaksinasi terhadap ratusan hewan ternak guna mengantisipasi penyebaran mulut dan kuku (PMK).

“Hari ini mulai dilakukan vaksinasi hewan ternak mulai dari sapi, kerbau, dan domba,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) OKU Selatan Parida Ariani di Muaradua, Jumat.

Dia menjelaskan pemberian vaksin ini sebagai bentuk antisipasi penularan PMK agar tidak menyebar luas di wilayah setempat.

Untuk tahap pertama vaksinasi difokuskan di Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah dengan vaksin yang disiapkan sebanyak 500 dosis.

Baca juga: Sumsel maksimalkan pengendalian kasus PMK hewan ternak

“Untuk tahap awal OKU Selatan mendapat alokasi vaksin sebanyak 500 dosis dari Pemerintah Provinsi Sumsel,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan empat dokter hewan untuk memberikan suntikan vaksin terhadap hewan ternak milik masyarakat di daerah itu.

“Meskipun di OKU Selatan belum ditemukan adanya wabah PMK, namun upaya antisipasi perlu dilakukan sedini mungkin,” ujarnya.

Melalui upaya ini, diharapkan tidak ada hewan ternak di OKU Selatan yang terpapar wabah PMK.

“Terlebih sebentar lagi mendekati Hari Raya Kurban sehingga kami ingin memastikan seluruh hewan ternak di OKU Selatan sehat dan layak kurban,” ujarnya.

Baca juga: MUI: Hewan dengan gejala ringan PMK sah untuk kurban

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sutradara Kavich Neang bagi cerita di balik film “White Building”

Bos Mercedes yakin Hamilton punya peluang menang di Silverstone