in

Kadin Sumbar Pilih Ketua Baru

Lama vakum dan dipimpin caretaker, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar akhirnya segera melaksanakan pemilihan pengurus baru. Direncanakan, pemilihan dilakukan di Auditorium Gubernuran Sumbar, Senin (28/11). 

Pendaftaran calon ketua sudah dibuka dan berakhir pada Senin (21/11). “Diimbau kepada yang berminat untuk menjadi ketua Kadin Sumbar segera mendaftarkan diri. Pendaftarannya terakhir Senin (21/11). Selain itu, diimbau anggota luar biasa untuk mendaftar mengikuti Musprov ini sehingga tidak kehilangan haknya,” jelas Ketua Steering Comittee Musprov Kadin Sumbar, Darmizon kepada wartawan, kemarin (18/11). 

Darmizon didampingi Wakil Ketua OC, Darwin Nur dan Wakil Ketua SC Alex Lincoln mengatakan, untuk mendaftar jadi Ketua Kadin Sumbar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Di antaranya, harus memiliki kartu tanda anggota biasa (KTA-B) sekurang-kurangnya tiga tahun berturut-turut, serta memiliki pengalaman dalam kepengurusan Kadin atau asosiasi dan himpunan. 

Persyaratan lain kata dia, akan ditetapkan oleh panitia melalui hasil rapat steering comitte, menyesuaikan dengan kebutuhan daerah selama tak melanggar anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART). “Bagi yang ingin mendaftar silakan antar berkasnya ke kantor Kadin Sumbar, Jalan S Parman Padang.

Nantinya, seluruh calon ketua diminta memaparkan visi dan misi serta program kerja,” jelas Darmizon yang juga Wakil Ketua Caretaker Kadin Sumbar.

Berdasarkan hasil rapat dan arahan dari Kadin Pusat, Musprov akan diikuti lima orang utusan dari masing-masing Kadin kabupaten/kota. Sementara wakil-wakilnya, dari anggota luar biasa yang akan ditunjuk berdasarkan hasil konvensi anggota luar biasa yang dilaksanakan Minggu (27/11). 

Darmizon memaparkan, pengurus Kadin periode mendatang memiliki tugas yang berat. Ada beberapa persoalan organisasi induk pengusaha ini yang harus diurai pengurus baru. Di antaranya, KTA Kadin tidak lagi dijadikan syarat untuk mengikuti tender sehingga banyak pengusaha tidak merasa penting mendaftar ke Kadin. 

Di sisi lain, Kadin sudah beberapa tahun tidak mendapat anggaran dari pemda sehingga kesulitan menjalankan roda organisasi. 

Budi Syukur Mendaftar setelah pendaftaran calon ketua Kadin Sumbar dibuka, Budi Syukur yang sebelumnya Wakil Ketua Kadin Sumbar mendaftarkan diri ke panitia, kemarin (18/11). 

Dia menjadi pengusaha pertama yang mendaftar untuk bersaing pada pemilihan Ketua Kadin Sumbar periode 2016-2021. Berkas pendaftaran Budi Syukur diterima Darmizon di kantor Kadin Sumbar.

Budi Syukur mengatakan, siap bersaing dan merasa layak memimpin Kadin Sumbar dengan alasan sudah berpengalaman di kepengurusan Kadin selama dua periode. Selain itu, dia juga sudah berpengalaman memimpin Organda dua periode dan menjadi anggota 20 tahun.

Menurut Budi, permasalahan Kadin Sumbar yang di antaranya tidak ada anggaran dan tidak dilibatkan pemerintah, akan dicarikan solusinya. “Tentu saja komunikasi intensif antara ketua dan pengurus dengan kepala daerah dan perangkatnya,” kata dia.

Budi bertekad mengembalikan kejayaan Kadin Sumbar yang menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dan pengusaha serta menjadi mitra bagi pemerintah daerah. Dia optimistis, bisa memposisikan Kadin membantu pengusaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Solusi PMP Agar Cepat Terkirim

Menyigi Reformasi Birokrasi Kejaksaan