in

Kapal Perang AS Melintas di Selat Taiwan

HONG KONG – Sebuah kapal perang AS berlayar melalui Selat Taiwan. Ini misi pertama di bawah pemerintahan Biden yang baru.  Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS John S McCain itu transit rutin di Selat Taiwan pada 4 Februari sesuai dengan hukum internasional. Kementerian Pertahanan Taiwan menggambarkannya sebagai misi normal.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam, Komando Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mengatakan pasukannya telah mengikuti dan melacak kapal itu. “Tindakan AS adalah pengulangan trik lama manipulasi campuran situasi di Selat Taiwan. Mereka sengaja menciptakan ketegangan dan mengganggu perdamaian regional. Kami dengan tegas menentang,” kata Tiongkok.

Tahun lalu Angkatan Laut AS berlayar melalui Selat Taiwan sebanyak 13 kali. Pemerintah Presiden AS Joe Biden sangat ingin menunjukkan dukungannya kepada Taiwan. AS menyebut komitmen mereka terhadap pulau itu kokoh.

Bulan lalu Taiwan melaporkan jet tempur dan pembom Tiongkok telah terbang ke sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udaranya, bertepatan dengan kelompok kapal induk AS yang memasuki Laut Tiongkok Selatan yang disengketakan.

Militer AS mengatakan penerbangan militer Tiongkok itu sesuai dengan pola perilaku tidak stabil dan agresif oleh Beijing tetapi tidak menimbulkan ancaman bagi grup kapal induk. Ant/G-1

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gemetaran Saat Digeledah, Dua Pemuda Ternyata Simpan Sabu

ASN Terlibat Narkoba Akan Diberi Sanksi Tegas