in

Kapolda Resmi jadi Jenderal Bintang Dua

Seiring naiknya status Polda Sumbar menjadi tipe A, Kapolda Sumbar Fakhrizal akhirnya resmi menyandang pangkat jenderal bintang dua (Irjen). Tidak cuma Kapolda, kenaikan pangkat juga diberikan kepada Wakapolda Nur Afiah berpangkat Brigjen dan beberapa Perwira Tinggi (Pati) lainnya.

Upacara kenaikan pangkat (korps raport) dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bertempat di ruang Rupatama Mabes Polri, Rabu (31/5). Korps raport pelantikan resmi kepada enam perwira tinggi Polri dan 11 perwira menengah Polri ini, dihadiri para pejabat utama Mabes Polri dan komisioner Kompolnas. 

Khusus bagi Polda Sumbar, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, kenaikan status Polda Sumbar menjadi tipe A merupakan momentum bersejarah dan membawa konsekuensi sangat penting.

Kenaikan status itu, juga berdampak terhadap struktur yang ada, serta penambahan personel, peningkatan anggaran dan lainnya secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan negara.

”Ini bukan hanya kebanggaan Polda Sumbar, tapi juga bagi masyarakat tentunya. Serta, bagaimanapun peran dan tugas polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat kian terasa sesuai tugas dan tanggung jawab polisi menjaga kamtibmas,” ujar Tito.

Ke depannya, kata mantan Kapolda Metro Jaya, dia meminta jajaran Polda Sumbar lebih meningkatkan kinerjanya agar masyarakat lebih bisa merasakan keberadaannya. ”Segera lakukan konsolidasi. Laksanakan reformasi birokrasi yang lebih baik dan meningkatkan beberapa program, seperti program zero toleran,” ujarnya. 

Tito berharap, jajaran Polda Sumbar dapat menampilkan sosok yang melindungi dan mengayomi, serta menegakkan hukum secara profesional. ”Tipe B dengan A tentu berbeda, dan tentunya profesionalitas polisi semakin terasa. Tidak ada lagi masyarakat yang komplen dan itu mestinya tertanam, serta dilaksanakan kepolisian. Muaranya, jelas kepada keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” ungkapnya. 

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal meminta dukungan semua pihak, termasuk teman-teman media agar mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang penegakkan hukum dan pemeliharaan Kamtibmas di wilayah Sumbar. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Ramadhan dan Sedekah

CCAI Dorong Pahawang Sejuta Peson