in

Kebakaran Lahan Perkebunan di Pessel, meluas menjadi tiga titik

PESSEL METRO–Kebakaran lahan perkebunan sawit rakyat di Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meluas dari satu titik awal bertambah tiga titik. Selasa (23/5/2023) kemarin.

Informasi dilapangan, lokasikasi kebakaran areal hutan HPK / hutan penyangga pantai pasir jenjang Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. Tepatnya, di lokasi hutan HPK pasir jenjang Silaut yang berbatasan sekira 3 KM dari HGU kebun PT. SJAL Silaut, arah ke tepi pantai.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD setempat Defri Siswardi mengatakan luas lahan terbakar terus bertambah, dari yang awalnya hanya satu titik, kini menjadi tiga titik api.

Diterangkan Defri, kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit rakyat di Kampung Pasir Janjang Kecamatan Silaut tersebut mulai terjadi pada Selasa, 23 -05 – 2023.
Saat ini pihaknya dibantu jajaran Kepolisian Sektor Lunang, Danramil dan petugas kecamatan sedang berusaha memadamkan api, meski dengan peralatan seadanya.

Keterbatasan peralatan itu akibat jauhnya lokasi kejadian dari pusat logistik dan ditambah buruknya jaringan komunikasi, sehingga berkoordinasi meminta bantuan.

Sementara itu, Kapolsek Lunang Silaut AKP.Advianus SH beserta anggota Polsek Lunang Silaut, Polres Pessel mengatakan, telah melakukan pengecekan benerapa titik api yang berlokasi di areal hutan HPK / hutan penyangga pantai di pasir jenjang Kecamatan Silaut yang berjarak lebih kurang 3 KM dari HGU PT. SJAL II arah ke pinggir pantai.

Dari hasil pemantauan di lapangan bahwa lokasi titik api berada di lokasi HPK / hutan penyangga pantai yang berada sekitar 3 KM dari batas HGU kebun PT. Sapta Sentosa jaya abadi Pasir jenang Kecamatan Silaut dan HGU PT. SJAL II Silaut arah ke tepi pantai.

” anggota sudah berupaya untuk menuju titik api namun tidak ada akses jalan menuju titik api tersebut, selanjutnya Kapolsek Lunang Silaut sudah melakukan kordinasi dengan pihak BPBD Kab. Pessel dan dinas kehutanan Provinsi Sumatera Barat untuk langkah tindak lanjut karhutla selanjutnya,” tegas Kapolsek.

Lebih lanjut, sampai saat ini pihakanya beserta personil Polsek Lunang Silaut masih berada di lapangan sambil menunggu tim BPBD, Kabupaten Pessel dan Provinsi Sumbar serta Tim dinas kehutanan Provinsi Sumatera Barat yang rencana akan turun kelokasi kebakaran tersebut. ( Rio)

Teks foto : Kebakaran lahan perkebunan sawit rakyat di Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meluas dari satu titik awal bertambah tiga titik.(*)

What do you think?

Written by virgo

Contoh Data Spasial dan Non Spasial Dalam SIG

Rumus Transformator Step Up dan Step Down