in

Kecap Pagoda Asli dari Tanjungpinang

Banyak yang belum tahu, kalau  Tanjung Pinang atau Bintan punya kecap yang diolah alami secara tradisional

Kebetulan, Pesona Travel bisa berkunjung dan melihat langsung proses pembuatan Kecap Pagoda di pabrik pembuatannya. Lokasinya masih masuk wilayah kota Tanjung Pinang. Tepatnya, di daerah Senggarang Kecil, sebelum masuk ke daerah pecinan.

Ada dua jenis kecap yang dihasilkan dari tempat tersebut. Kecap sayur, biasa dikenal sebagai kecap asin, untuk dipakai untuk masakan berkuah supaya tidak lagi memakai garam.

Lalu, yang kedua adalah kecap masak, yang dipakai untuk masakan tumis-tumisan. Yang kecap masak ini lebih kental, tapi bukan seperti kecap manis.

Kalau kecap sayur, kedelainya tidak perlu dikukus. Proses pertamanya kedelai hanya direndam dahulu selama dua bulan. Sedangkan kecap masak, kedelainya harus dikukus terlebih dulu.

Gentong-gentong besar yang berjajar, selain untuk merendam kedelai, dipakai untuk menjemur air rendaman sampai menjadi kecap.

Proses penjemuran ini yang makan waktu paling lama. Kecap masak terbaik, waktu penjemurannya hampir satu tahun lebih. Kecap yang ini biasanya tidak dijual dipasaran karena harganya menjadi terlalu mahal.

Kecap-kecap ini yang pasti ada di Swalayan Pinang Lestari di daerah Taman Mekar Sari, Tanjung Pinang.

The post Kecap Pagoda Asli dari Tanjungpinang appeared first on TanjungPinang Pos.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Hendra nyaman berstatus pemain latih tanding di Pelatnas

Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Duduk Bersama