in

Kejutan Arkhan di Laga Pembuka Piala Dunia U-17, Indonesia Tahan Imbang Ekuador

Arkhan Kaka memberikan kejutan lewat gol pertamanya di Piala Dunia U-17 saat melawan Ekuador dengan hasil imbang 1-1 di Stadion Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam. (Foto: PSSI)

PADEK.JAWAPOS.COM-Tim tuan rumah Indonesia menampilkan permainan penuh semangat dan tekad kuat hingga mencatat hasil imbang 1-1 melawan Ekuador dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia FIFA U-17 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam.

Meski melawan tim peringkat 38 FIFA yang sudah merasakan bersaing di Piala Dunia U-17 sebelumnya, para pemain Garuda Muda asuhan Bima Sakti tak merasa gentar.

Pada menit ke-22, sorakan penonton di Stadion GBT begitu bergelora ketika Arkhan Kaka memberikan kejutan lewat gol pertamanya di Piala Dunia U-17.

Gol pemain Persis Solo itu tercipta setelah Riski Afrisal melesat di sisi kiri lapangan dan mengirim umpan rendah ke dalam kotak penalti. Kiper Ekuador Cristhian Loor, berusaha menghalau, tapi bola tepat di kaki Arkhan yang dengan cepat memasukkan bola ke gawang.

Ekuador sebagai finalis di Kejuaraan U-17 Amerika Selatan 2023, menunjukkan upaya mereka untuk membalas dengan terus melakukan tekanan.

Santiago Sanchez, yang dribblingnya penuh keterampilan dan menarik perhatian dalam pertandingan ini, mengirim umpan yang disambut Allen Obando dengan sundulan keras untuk menyamakan skor jadi 1-1 pada menit 28.

Setelah melewati babak pertama yang bermain seimbang, Ekuador mulai mengendalikan permainan usai jeda. Pertahanan terorganisir Indonesia membuat La Tri frustasi dan kesulitan menciptakan peluang untuk menambah gol meskipun tekanan terus-menerus dilakukan.

Obando mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol kemenangan di waktu tambahan, tapi sundulannya berhasil diamankan kiper Indonesia, Fathir Andrika. Itu peluang terakhir bagi tim Amerika Selatan tersebut.

Sementara itu, tuan rumah berhasil meraih poin pertama dalam sejarah babak penyisihan Piala Dunia U-17.

Presiden Jokowi yang menonton langsung pertandingan, mengapresiasi kerja keras para pemain Indonesia yang mampu mengejutkan di laga pembuka Piala Dunia U-17.

“Dengan hasil ini kita sudah mendapat satu poin. Itu harus diapresiasi karena peringkat Indonesia dan Ekuador terpaut jatuh. Yang satu 38 (ranking FIFA) yang satu 145,” ujar Presiden Jokowi sesuai laga, Jumat (10/11).(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Presiden Jokowi Tiba di Riyadh untuk Hadiri KTT Luar Biasa OKI

Andre Rosiade: Kementerian BUMN Harus Copot Direksi-Komisaris Ikut Kampanye