in

Kembali Zero Kasus, Pasien Positif Covid-19 di Mentawai Sembuh

Setelah menjalani karantina selama lebih kurang 12 hari di Puskesmas Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pasien positif Covid-19 di Siberut, akhirnya dinyatakan sembuh.

Kesembuhan petugas Pelabuhan Maleppet ini sekaligus mencatatkan jumlah pasien positif Covid-19 di Mentawai kembali nol.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake, didampingi dua juru bicara Covid-19, Lahmuddin Siregar dan Serieli Bawamenewi, Kamis (02/07/2020) siang.

Kortanius menegaskan, untuk sementara waktu, Mentawai sudah selesai dari kasus Covid-19. “Kita berharap tidak ada lagi yang positif Covid-19 di Kepulauan Mentawai,” kata Kortanius.

Dengan kesembuhan pasien ini, Kortanius mengimbau agar masyarakat Mentawai tidak takut memeriksakan diri dengan melakukan rapid test maupun swab test. Pemeriksaan lebih awal, katanya, lebih baik untuk mengantisipasi penyebaran virus ini agar tidak menyerang diri sendiri dan orang lain.

“Tetap patuhi protokol kesehatan. Untuk yang sering melakukan aktifitas keluar rumah atau keluar Mentawai, diharapkan dengan penuh kesadaran untuk memeriksakan diri,” ajak Kortanius.

Terpisah, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Fernando Sabajou, mengapresiasi tim gugus tugas Covid-19 Kepulauan Mentawai yang telah berjuang melakukan penanganan Covid-19 di Siberut dengan baik. Menurutnya, hanya dengan kerjasama yang baik, akan memberikan hasil yang baik pula.

“Kita patut bersyukur. Dengan kerja keras gugus tugas, akhirnya, sekarang Mentawai kembali nol Covid-19. Ini, mesti kita pertahankan secara bersama-sama. Bukan hanya tugas gugus tugas, tetapi tanggung jawab kita bersama,” ungkap legislator Dapil III Siberut tersebut.

Namun ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan, kendati Mentawai sudah berada di zona hijau. “Jangan sampai karena tidak ada kasus, masyarakat tidak lagi mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (rif)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tekan Penyebaran Covid-19, Tes Kesehatan di Mentawai Harus Masif

Nadia Mulya manfaatkan pandemi COVID-19 untuk perawatan wajah