in

Kemendagri Belum Tetapkan Pj Wako Payakumbuh

Benni Irwan, Kapuspen Kemendagri.(IST)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dipastikan belum menetapkan Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Payakumbuh masa bakti 2023-2024. Kepastian itu disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan. “Iya, sejauh ini belum terinformasi. Belum ada yang ditetapkan,” kata Benni Irwan saat dihubungi Padang Ekspres, Selasa sore (12/9).

Pria kelahiran Payakumbuh berdarah Agam dan Tanahdatar ini menyebut, masa jabatan Pj Wali Kota Payakumbuh saat ini baru akan berakhir 23 September 2023. “Masih lama lagi. Katakanlah, masih ada waktu 10 x 24 jam. Dalam 10 x 24 jam itu, masih ada kemungkinan-kemungkinan yang kita tidak tahu,” kata Benni Irwan.

Benni yang lahir di Labuahbasilang, Payakumbuh Barat, serta pernah tinggal di Koto Baru Balai Janggo dan Napa, Payakumbuh Utara, mengakui, Kemendagri memang sudah menerima usulan calon Pj Kepala Daerah dari Sumatera Barat. Dalam hal ini, calon Pj Wali Kota Payakumbuh dan calon Pj Wako Sawahlunto.

“Memamg, sudah diusulkan oleh DPRD, Gubernur, dan Kementerian/Lembaga. Sudah dilakukan pula sidang Pra-TPA (Tim Penilai Akhir) dan sidang TPA (Tim Penilai Akhir). Jadi, kita tunggu saja hasilnya,” kata Benni Irwan.

Alumni SMAN 1 Payakumbuh itu menyebut, sebelum masa jabatan Pj Wako Payakumbuh saat ini berakhir, segala kemungkinan bisa terjadi. “Mudah-mudahan, Tuhan memberikan yang terbaik buat Payakumbuh,” ujar Benni Irwan.

Dalam kapasitasnya sebagai perantau Minang yang punya hubungan emosional sangat lekat dengan Payakumbuh, Benni Irwan melihat, perkembangan Payakumbuh saat ini cukup baik.  Begitu pula dengan kinerja Pj Wali Kota, Rida Ananda, juga dinilai Benni Irwan cukup bagus.

“Buktinya, DPRD Payakumbuh hanya mengirimkan satu orang saja (mengusulkan nama Rida saja sebagai calon Pj Wako). Kemudian, (Rida) diusulkan pula oleh pemerintah provinsi, apakah nomor dua atau nomor tiga, tapi diusulkan. Kalau dari Kemendagri sendiri, tak ada mengusulkan calon Pj Wako Payakumbuh,” kata Benni Irwan.

Dia menyebut, Kemendagri tak mengusulkan calon Pj Wako Payakumbuh karena menilai Payakumbuh sudah cukup bagus. “Cukup bagus kok, Payakumbuh. Kondisi daerah cukup aman. Tak ada konflik kepentingan. Karena itu cukuplah kawan-kawan di daerah saja (yang jadi Pj Kepala Daerah-red),” ujar Benni Irwan.

Di sisi lain, warga Kota Payakumbuh sejak beberapa hari ini, semakin ramai membicarakan soal siapa yang akan menjabat Pj Wako Payakumbuh. Santer dikabarkan, masa jabatan Pj Wako saat ini, Rida Ananda, tak akan diperpanjang.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mahasiswa Baru UBH Bakal Diarak dengan Tambua Tansa, Disambut Tari Pasambahan

Sinergi BSI dan BPJS Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Negara