in

Kenali Keuntungan Nabuang Sarok di Aplikasi yang Diluncurkan Semen Padang

Nabuang Sarok, sebuah aplikasi berbasis web milik Semen Padang yang diluncurkan pada puncak HUT ke-64 Pengambilalihan Semen Padang dari tangan Belanda yang diperingati setiap 5 Juli.

“Aplikasi Nabuang Sarok ini memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat yang menyetorkan sampahnya di aplikasi Nabuang Sarok,” ujar Kepala Unit HSE PT Semen Padang, Musytaqim Nasra, saat sosialisasi Aplikasi Nabuang Sarok kepada 200 sekolah di Padang yang digelar Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIKSP)

“Namun begitu, tidak semua sampah yang bisa ditabung di aplikasi Nabuang Sarok,” ungkap Musytaqim, Kamis (6/10).

Sampah yang bisa ditabung adalah sampah kertas, daun, ranting, sekam padi, tekstil, plastik dan minyak jelantah. Masing-masing sampah yang ditabung ke aplikasi Nabuang Sarok nantinya akan dikonversi menjadi poin.

Untuk sampah kertas, daun, ranting dan sekam, masing-masing diberikan 3 poin/kg. Kemudian sampah tekstil 4 poin/kg, plastik 5 poin/kg, dan minyak jelantah 6 poin/liter. “Poin yang didapat nantinya bisa ditukar dengan item reward yang tersedia di aplikasi,” katanya di hadapan ratusan kepala sekolah dan pejabat dari DLH Sumbar.

Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Vianti Zasmi, mengapresiasi sosialisasi Nabuang Sarok tersebut. Karena, sampah merupakan masalah utama di Sumbar dan bukan lagi menjadi masalah pemerintah daerah, tapi masalah bersama.

Sampah sebutnya, terutama sampah plastik dari tahun ke tahun jumlahnya pun meningkat. Dan untuk melenyapkannya di muka bumi ini, butuh waktu bertahun-tahun. Namun dengan adanya Nabuang Sarok ini, tentunya menjadi solusi untuk mengatasi sampah plastik, termasuk sampah lainnya.

“Di Indonesia, baru Semen Padang yang punya program Nabuang Sarok ini. Makanya, kami di Dinas Lingkungan Hidup sangat apresiasi program ini, apalagi program ini juga mengajak pihak sekolah. Mudah-mudahan, sekolah-sekolah di Padang ini bisa menyetorkan sampahnya ke Nabuang Sarok ini,” katanya.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

HUT Humas ke-71, Humas Polda Berbagi

Limbukan, Jantung Wisata Kuliner Siang Payakumbuh