in

Ketahui Dulu 7 Larangan Ini Sebelum ke Korea Selatan

Wiih, siapa yang mau jalan-jalan ke Korea Selatan tahun ini? Rasanya kalau sudah sebentar lagi akan jalan ke Korea, mendengar namanya saja pasti sudah sangat excited.

Terlebih lagi nih ya kalau memang kamu penggemar K-Drama dan K-Pop.

Yang biasanya hanya memandang dalam layar, saat ke Korea nanti akan ada kesempatan untuk selangkah lebih deka tdengan sang idola.

Atau ya saat berkeliling setiap sudut kota akan merasakan perasaan yang lebih nyata ketika napak tilas ketempat-tempat latar drama Korea favorit.

Nah, biasanya apasih yang kamu persiapkan sebelum traveling kedestinasi impian?

Tentunya, uang saku, pakaian yang super kece, perangkat foto, mempersiapkan mental, sampai rajin memantau daftar harga tiket pesawat murah.

Tapi, meski kamus udah menyiapkan itu semua, ada hal lain yang sangat penting yang kadang tidak terpikirkan oleh sebagian orang sebelum traveling ke Korea. Apakah itu?

Ya, mengetahui larangan-larangan yang harus di hindari selama berada di negeri ginseng tersebut. Dimana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung.

Peribahasa tersebut tentunya harus kamu ingat kemana pun kamu traveling.

Termasuk Korea. Berikut ini adalah larangan-larangan yang harus dihindari selama berada di Korea.

Memang sih di sana nanti kamu akan berstatus sebagai seorang turis yang pasti akan dimaklumi. Namun, setidaknya jadilah turis yang sopan dan tidak mencemarkan nama baik bangsa sendiri.

1. Makan duluan sebelum orang tua

Larangan ini rasanya tidak terlalu berbeda dengan larangan yang ada di negara lain yang juga menganut budaya ketimuran.

Termasuk di Indonesia. Saat di Korea nanti, semisal kamu diundang teman Korea kamu untuk makan di rumahnya, pastikan kalau kamu tunggu para orang tua atau orang yang lebih tua untuk memegang sendok dan siap untuk makan.

Barulah kamu juga bersiap untuk makan. Setelahitu, kalausudah selesai makan bagaimana?

Kalau kamu selesai lebih dulu dan orang tua belum selesai makan, baiknya kamu letakkan sendok di dalam mangkuk nasi.Kalau kamu selesai makan setelah para orang tua sudah selesai makan, kamubisa meletak kan sendok di atas meja.

2. Berisik di dalam transportasi umum

Siapapun pasti terganggu dengan suara bising. Apalagi kalau itu terjadi di ruang publik. Begitu juga di Korea, terutama di dalam transportasi umum.

Memang, kalau kita mengobrol baik di dalam telepon maupun secara langsung dengan suara yang cukup kencang, pasti akan terganggukan.

Kalau kamu melakukan hal itu di dalam transportasi umum yang ada di Korea, kamu harus siap-siap diminta turun saat itu juga.

3. Duduk di kursi prioritas

Masih dalam bahasan transportasi umum. Kita sudah tau kan kalau kursi prioritas itu diperuntukkan penumpang hamil, lansia, dan juga penyandang disabilitas.

Kalau di Indonesia, masih sah-sah saja kalau kita duduk di kursi tersebut jika keadaannya kosong dan tidak ada penumpang prioritas di sekitar.

Lain halnya dengan di Korea, meskipun kosong, tetap saja kamu tidak diperbolehkan untuk duduk di situ ketika kamu tidak memiliki kondisi yang disebutkan di atas.Larangan ini ternyata berlaku juga lho di Jepang dan Singapura.

4. Menancapkan sumpit dalam semangkuk nasi

Menancapkan sumpit atau pun alat makan lainnya di atas nasi rasanya biasa-biasa saja di dalam budaya kita.

Namun ternyata, hal ini akan dianggap sebuah perilaku yang tidak sopan di Korea. Tahukah kamu?

Menancap kansumpit di atas nasi seolah menirukan nisan dan juga dupa yang diletakkan di atas makam.

Kalau sudah selesai makan letakkan saja sumpit kamu di atas meja ya.

5. Menulis nama dengan tinta merah

Memang, larangan yang satu ini terdengar sepele.Namun, ini tentunya berkaitan dengan budaya dan adat istiadat yang berlaku di Korea.

Saat kamu ingin mengisi formulir atau menulis kartu ucapan ulang tahun, sebisa mungkin jangan menggunakan tinta merah.Kenapa?

Karena tulisan yang ditulis dengan tinta merah identik dengan surat kematian. Seram, ya.

6. Menerima dan memberi sesuatu dengan satu tangan

Saat di Korea nanti, kamu akan banyak menerima maupun memberi sesuatu. Misalnya saja ketika membeli makanan di kedai-kedai street food.

Memang sih, mereka cenderung akan memaklumi hal ini pada turis.

Tapi, semisal kamu bekunjung ke Korea untuk menemui teman dan orang tua mereka, jangan lupa untuk memberi dan menerima sesuatu menggunakan kedua tangan.

7. Menyentuh bahu dan kepala orang yang lebih tua

Nah, untuk urusan ini kamu harus berhati-hati.Dalam budaya kita juga ada larangan untuk menyentuh kepala orang tua, bahkan hal ini dianggap sangat krusial.

Soal menyentuh bahu, meski di Indonesia ini merupakan hal yang tidak terlalu krusial, di Korea jangan pernah kamu menyentuh bahu sembarangan pada orang yang lebih tua.

Bahkan kalau pun kamumengenal baik orang tersebut, tetap saja akan dianggap tidak sopan.

Ketika liburan di Korea nanti sudah pastikan yang kamu bayangkan adalah liburan yang tenang dan nyaman. Karena itu, penting bagi kamu untuk menjauhi larangan-larangan yang disebutkan di atas.

Selain itu, kamu juga bisa memulai liburan yang tenang itudengan cek & booking hotel murah di Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran harga hotel terbaik.

What do you think?

Written by virgo

HUT PALI ke IV, 6 Pemuda Kibarkan Bendera di Puncak Sumatera

Malaysia Investasi Jaringan Listrik di Desa